Sukses

Simulasi CPNS di Unhas Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Simulasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan sistem computer assisted test (CAT) di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kembali menggelar simulasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan sistem computer assisted test (CAT) di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar pada Jumat (18/7/2014).

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) Tasdik Kinanto yang membuka acara sosialisasi CAT di Kota Makassar mengatakan, kegiatan ini membantu para calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mempunyai keinginan dan minat yang besar untuk menjadi calon ASN yang memiliki kualitas dan mampu berkompetitif di bidangnya.
 
“Sosialisasi ini bertujuan memperkenalkan sistem baru, yakni sistem CAT supaya di dalam mengerjakan soal nanti, peserta tidak mengalami kesulitan,” ujarnya di Gedung Baruga Andi Pangerang Petta Rani di Universitas Hasanuddin Makassar, Jumat (18/7/2014).
 
Tasdik juga mengapresiasi peserta yang hadir pada simulasi CAT hari ini, “Di luar dugaan, ternyata banyak sekali peserta yang hadir. Ini suatu kebanggaan karena belum tentu seseorang yang mahir IT, bisa mengoperasikan sistem CAT ini,” katanya.

Ditegaskan, seleksi CPNS 2014 ini dibangun secara transparan dan objektif. Hal ini senada dengan semangat pemerintah dalam membangun dan menata reformasi birokrasi, khususnya rekrutmen Sumber Daya Manusianya (SDM). “Jika punya keinginan yang kuat maka tingkatkan belajarnya untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi ujian CPNS mendatang,” tegas Tasdik.

Sementara itu, Kasubag Publikasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Kahar mengatakan sistem CAT akan digunakan untuk seluruh tahapan tes baik Tes Kemampuan Dasar maupun Tes Kemampuan Bidang (TKB).

"Jumlah soal dan waktu yang digunakan sama saja, bedanya ini hanya dikerjakan dengan komputer. Saya rasa ini akan lebih transparan dan akuntabel karena begitu selesai mengerjakan soal, peserta akan sudah mengetahui hasilnya," jelasnya, Jumat.

Kahar pun berharap, para calon peserta lebih siap berkompetisi dalam tes sesungguhnya dan memenuhi nilai kelulusan yang tinggi, karena sistem CAT menjamin seleksi CPNS akan lebih kompetitif, obyektif, transparan, serta bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Melalui sosialisasi dan simulasi sistem CAT ini diharapkan para peserta menjadi lebih memahami tata laksana pendaftaran, ketika nantinya mengikuti tes seleksi CPNS yang akan mulai digelar pada Agustus 2014 mendatang," ucapnya.
(Eky Hendrawan/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS