Sukses

Investor Ambil Aksi Untung Bikin Harga Emas Merosot

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus merosot US$ 7,5 atau 0,57 persen ke level US$ 1309,4 per ounce.

Liputan6.com, Chicago - Harga emas di divisi COMEX New York Mercantile Exchange tercatat turun pada perdagangan Jumat (Sabtu pagi) dipicu aksi ambil untung para investor.

Pelemahan tersebut terjadi setelah sehari sebelumnya emas menguat akibat kecelakaan Malaysia Airlines yang ambruk terbakar di zona perang Ukraina.

Mengutip laman Xinhua, Sabtu (19/7/2014), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus merosot US$ 7,5 atau 0,57 persen ke level US$ 1309,4 per ounce.

Harga emas sempat melonjak pada perdagangan sehari sebelumnya karna dianggap sebagai nilai lindung investasi di tengah meningkatnya risiko geopolitik Ukraina - Rusia.

Kekhawatiran itu menguat saat pesawat Malaysia Airlines MH17 berpenumpanh 295 orang ditembak di wilayah Ukraina.

Tapi para analis menilai, rendahnya jumlah pasokan emas membuat peningkatan tersebut menjadi bersifat sementara dan tidak berkelanjutan.

Para analis juga yakin, harga emas akan semakin tertekan ke depannya mengingat para investor lebih fokus pada kemungkinan kenaikan suku bunga AS pasa 2015. Apalagi melihat pasar tenaga kerja AS yang terus menguat.

Sementara itu harga perak untuk pengiriman September juga turun US$ 24,8 cents, atau 1,17 persen ke level US$ 20,886 per ounce. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas