Sukses

Pantau Harga Pangan, Para Menteri Sambangi Pasar Klender Hari Ini

Pemerintah kembali melakukan kunjungan ke pasar tradisional guna memantau perkembangan harga bahan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali melakukan kunjungan ke pasar tradisional guna memantau perkembangan harga bahan pangan dan kebutuhan pokok yang terus mengalami pergerakan beberapa hari menjelang Lebaran.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung alias CT hari ini (21/7) akan menyambangi Pasar Klender, Jakarta Timur pada pukul 09.30 WIB. Tujuannya tak lain untuk mengecek harga dan ketersediaan pasokan kebutuhan pokok.

Rencananya dalam kunjungan ini turut serta Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pertanian Suswono, Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sutarto Alimoeso serta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin.

Ini merupakan kunjungan pasar ketiga kalinya yang dilakukan beberapa menteri tersebut, terutama CT selama bulan puasa. Sebelumnya, CT telah mengunjungi pasar beras Cipinang, pasar Kramat Jati dan kini pasar Klender.

Mendag Muhammad Lutfi pernah mengklaim harga bahan pangan pada minggu kedua Juli ini sangat stabil dibanding pekan pertama.

Beberapa bahan pangan yang sebagian besar mengalami penurunan harga cukup lumayan. Hal ini berdasarkan data Kementerian Perdagangan dengan harga rata-rata nasional sangat membaik.

"Harga gula pasir turun 0,04 persen, minyak goreng turun 0,07 persen, terigu turun 0,03 persen, kedelai impor turun 0,07 persen, daging sapi turun 0,13 persen, daging ayam turun 2,5 persen, telur ayam turun 0,12 persen, cabai merah kriting turun 2,5 persen, cabai merah besar turun 0,04 persen serta bawang merah dan putih dengan penurunan harga masing-masing 0,85 persen dan 1,32 persen," rinci dia.

Sementara bahan pangan pokok yang mengalami kenaikan harga, kata Lutfi, antara lain, beras dengan peningkatan 0,09 persen, kedelai lokal naik 0,86 persen, dan harga cabai rawit melonjak 0,42 persen.

"Ini menandakan harganya stabil. Kalaupun naik kurang dari satu persen, bahkan beras pun kenaikan harganya tidak sampai setengah persen, misalnya beras nggak sampai Rp 10 perak peningkatannya," tambahnya.

Dia pun memperkirakan harga komoditas seperti cabai rawit, bawang dan daging tak akan melonjak signifikan seperti yang terjadi tahun lalu. Di mana harga cabai rawit merah menembus ratusan ribu rupiah per kilogram (kg), bawang sampai Rp 60 ribu per kg dan daging sebesar Rp 120 ribu per kilo tahun lalu.

Sedangkan harga daging, lanjutnya, untuk karkas dijual Rp 32 ribu-Rp 34 ribu. Dengan harga itu, Lutfi menilai harga daging sapi seharusnya tak lebih dari Rp 90 ribu setiap kilonya, termasuk daging beku di pasar modern sudah tercatat Rp 77 ribu per kg. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini