Sukses

Tol JORR W2 Kebon Jeruk-Ulujami Resmi Beroperasi

Meskipun jalur ini hanya berjarak pendek namun penting karena melengkapi jaringan JORR lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meresmikan jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Roaf West 2 (JORR W2) Utara, Kebon Jeruk-Ulujami segmen Ciledug-Ulujami pada Senin (21/7/2014) ini.

Djoko  mengungkapkan, meskipun jalur ini hanya berjarak pendek namun penting karena melengkapi jaringan JORR lainnya.

"Meskipun segmen Ciledug hanya sepanjang 2,14 km namun segmen ini memiliki peranan penting, karena dengan selesainya pembangunan ini maka akan melengkapi jaringan JORR dari Rorotan di kawasan timur Jakarta sampai Penjaringan, sehingga dapat langsung menuju Bandara Soekarno Hatta," kata dia dalam sambutannya di Jakarta, Senin (21/7/2014).

Dia menerangkan, jalan tol JORR merupakan bagian jaringan jalan di Jabodetabek yang menghubungkan beberapa ruas jalan tol antara lain tol Jakarta-Cikampek, tol Jagorawi, tol Jakarta-Tanggerang, dan tol Soedyatmo.

"Dengan beroperasinya Jalan Tol JORR W2 Utara secara keseluruhan, kami yakin tol ini akan memberikan kontribusi yang cukup besar mengurangi kepadatan lalu lintas," jelas dia.

Sebagai informasi Tol JORR W2 Utara memiliki total panjang 7,82 km. Investasi dana  dikucurkan untuk pembangunan tol ini sebanyak Rp 2,2 triliun di mana 70 persen dari pinjaman Bank Mandiri dan Bank DKI.

Dengan diresmikannya ruas tersebut maka pengguna tol dari arah Serpong yang melalui jalan tol JORR transaksi pembayarannya dilakukan di Gerbang Tol Pondok Ranji Utama.

Adapun biaya yang dikenakan untuk tarif JORR sebesar Rp 8.500, melalui  Serpong-Pondok Ranji Rp 5.000 lalu Pondok Ranji-Ulujami Rp 2.500. Sehingga total yang dibayarkan Rp 16.000 untuk golongan I.

Untuk pengguna tol dari arah Bintaro yang melalui JORR, pembayaran dilakukan melalui Gerbang Tol Pondok Ranji Sayap.

Adapun biaya yang mesti dikeluarkan untuk tarif tol JORR sebesar Rp 8500 ditambah untuk Pondok Ranji-Ulujami Rp 2500. Maka totalnya Rp 11000 untuk golongan I.

Sementara, bagi pengguna dari arah Veteran yang menuju Pondok Aren atau Serpong dan Jalan Tol JORR arah Bandara Soekarno Hatta/ Kebon Jeruk transaksi pembayaran dilakukan di gerbang tol Veteran-2. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini