Sukses

Capres Ini Jadi Figur Dambaan Investor Asing

Seluruh elemen masyarakat pendukung masing-masing kubu pasangan dapat menerima hasil perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi dari Universitas Indonesia, Telisa Aulia Falianti menilai, sosok Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden dambaan bagi investor asing.

Hal ini akan memberikan dorongan penguatan bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Stabilitas politik yang aman dan kemenangan Jokowi sangat berpengaruh terhadap IHSG dan rupiah. Asalkan keamanan terjaga," kata dia dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com diJakarta, Selasa (22/7/2014).

Felisa mengaku, Jokowi sangat didukung investor asing menjadi Presiden ketimbang Prabowo yang pernah menyatakan soal nasionalisme pada debat capres beberapa waktu lalu.

"Jokowi lebih didukung investor asing yang takut dengan nasionalisme ekonomi. Dukungan asing ini menunjukkan inilah figur yang didambakan pasar," tuturnya.

Di sisi lain, dia berharap, agar seluruh elemen masyarakat pendukung masing-masing kubu pasangan dapat menerima hasil perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan lapang dada, termasuk buruh yang pro terhadap pasangan capres cawapres nomor urut satu.

"Kita harapkan buruh tidak anarkis karena memang bisa mempengaruhi sentimen negatif. Soal ada capres yang lapor ke Mahkamah Konstitusi, itu hal yang wajar, masyarakat kita pasti sudah dewasa dan bisa menilai," tukas Felisa.(Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.