Sukses

Kantongi Pinjaman, Tol Listrik Jawa-Sumatera Segera Dibangun

Pemerintah telah menyetujui pinjaman senilai US$ 929 juta dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menyetujui pinjaman senilai US$ 929 juta dari Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk melanjutkan proyek kabel transmisi bawah laut yang menghubungkan Sumatera Selatan hingga Jawa Barat.
 
"Pendanaan sudah disetujui, sekarang dalam proses blue book saja," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman, di Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Dengan dilanjutkannya pembangunan kabel bawah laut berkapasitas 500 kilovolt (kV) tersebut, menurut  Jarman, PT PLN (Persero) bisa melanjutkan tender proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) mulut tambang yaitu Sumsel 9 dan Sumsel 10

Sebelumnya, PLN telah menetapkan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sebagai pemenang tender PLTU mulut tambang Sumsel 8. Namun masih menunggu kepastian pendanaan dari proyek kabel listrik bawah laut.

"Ya, itu nanti satu paket, Sumsel 8, Sumsel 9, dan Sumsel 10. Sumsel 8 sudah tunjuk pemenang, Sumsel 9 dan 10 lagi diproses," tuturnya.

JICA memberikan pinjaman untuk proyek transmisi  tegangan tinggi 500 kV dengan arus searah (high voltage direct current/HVDC) sebesar US$ 2,13 miliar. Dari total pendanaan itu, US$ 1,19 miliar di antaranya sudah disetujui pemerintah. Sedang, sisanya US$ 929 juta akhirnya juga disetujui pemerintah. Pinjaman tersebut  memiliki jangka waktu 30 tahun, masa tenggang 10 tahun dengan bunga 0,3 persen per tahun. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini