Sukses

BRI Bakal Gabungkan Bank Mutiara dengan BRI Agro

BRI masih akan menggunakan dana cash internal perusahaan untuk mengambil alih Bank Mutiara.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tengah menjalani proses seleksi yang dilakukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terkait akuisisi PY Bank Mutiara Tbk. Jika berhasil memiliki Bank Mutiara, BRI akan menggabungkannya dengan salah satu anak usahanya.

"Kalau dapat nanti bisa kami gabung ke BRI Agro, akan konsolidasikan," kata Direktur Utama BRI Sofyan Basir di kantor pusat BRI, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Sofyan menambahkan BRI masih akan menggunakan dana cash internal perusahaan untuk mengambil alih Bank Mutiara.

Menurut Sofyan, untuk membeli bank yang sebelumnya bernama Bank Century Tbk tersebut, mereka tidak akan menggunakan sumber dana dari obligasi rekap meski penawaran mereka lebih rendah dibanding calon investor dari Hongkong dan Jepang.

Sayangnya Sofyan enggan mengungkapkan berapa penawaran yang dilakukan pihak asing dan berapa penawaran yang dilakukan oleh BRI. Hanya saja dikatakannya penawaran oleh BRI di bawah Rp 3 triliun.

Seperti diketahui meski penawaran lebih rendah ketimbang calon investor asing, Sofyan mengaku tetap akan mempertahan penawarannya meski di bawah penawaran asing dan dirinya tetap optimis.

"Optimis, yang penting kami ingin lihat due diligent nya dulu, kami harapkan due diligent selesai dua minggu lagi," jelasnya.

Perlu diketahui, BRI Agro sendiri adalah anak usaha BRI yang juga bergerak di bidang perbankan yang diambil alih dari Dapenbun (Dana Pensiun Perkebunan Nusantara) pada tahun 2011. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini