Sukses

Ini Harapan Pengusaha kepada Presiden Baru Jokowi

Pengusaha menyambut baik kemenangan pasangan tersebut dan diharapkan mampu bekerjasama secara baik dengan pemerintah yang dipimpin Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum secara resmi mengumumkan kemenangan pasangan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla yang selanjutnya akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2014-2019.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi mengatakan pengusaha menyambut baik kemenangan pasangan tersebut dan diharapkan mampu bekerjasama secara baik dengan pemerintah yang dipimpin oleh Jokowi nantinya.

"Tentu rencana kerja kedua harus didukung oleh pengusaha supaya bisa mempercepat pembangunan di Indonesia. Jadi harus bisa bekerjasama dengan semua," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Rabu (23/7/2014).

Menurut Sofjan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh pasangan ini usai dilantik pada Oktober mendatang yaitu menyusun action plan dan segera merealisasikannya.

"Kita perlukan betul-betul action plan dengan semua rencana yang baik. Kalau tidak ada action plan percuma juga, ini yang harus didahulukan, saya pikir semuanya akan berjalan baik," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto menyatakan bahwa tidak akan menjadi masalah jika Jokowi-JK kalah dalam jumlah kursi partai koalisi di DPR.

Hal tersebut justru menjadi tantangan bagi pasangan tersebut untuk bisa merangkul semua anggota parlemen sehingga bisa menjalankan kebijakan-kebijakannya dengan dukungan penuh.

"Parleman itu kan dinamis, mereka (Jokowi-JK) harus bisa meyakinkan parlemen yang tidak bisa mereka kuasai. Itu hal yang biasa, di Amerika Obama juga tidak mengusai kongres. Belum tentu parlemen menolak semua, bisa saja mendukung, kita jangan terlalu berpikir negatif," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.