Sukses

Kemenhub Pastikan Jembatan Comal Dapat Dilalui Nanti Malam

Kendaraan kecil yang baru bisa melewati jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah pada pukul 00.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan memastikan jembatan comal yang terletak di Pemalang, Jawa Tengah akan dapat dilalui kendaraan mulai nanti malam.

Direktur Keselamatan Transportasi Darat, Hotma simanjuntak menjelaskan, meski bisa dilalui, namun masih terbatas hanya kendaraan-kendaraan kecil.

"Jembatan Comal nanti malam pukul 00.00 WIB bisa dilalui tapi kendaraan kecil, paling besar elf," kata Hotma, saat ditemui usai menghadiri pelepasan mudik gratis motor di halaman gudang Perum Bulog, Jakarta Utara, Rabu (23/7/2014).

Hotma menambahkan, jembatan yang dibangun sementara untuk mengurangi kemacetan ini hanya berada di satu jalur dengan lajur tersebut yang menuju arah Semarang dari Jakarta.

"Nanti dua jalur, baru satu sisi jembatan, nanti mau diarahin semua ke Semarang atau satu-satu atau buka tutup nanti kami kondisikan, lihat dulu," pungkasnya.

Seperti diketahui, jembatan kali Comal menjadi satu-satunya jalan yang menghubungkan Pemalang dengan Semarang yang juga menjadi jalur satu-satunya pantai utara Jakarta.

Akibat putusnya jembatan tersebut, banyak truk-truk angkutan barang dan kendaraan lainnya yang terpaksa berhenti mulai sebelum jembatan Comal dan menunggu hingga mampu diperbaiki.

Sementara itu, Kemenhub bersama dengan Polisi Lalu Lintas setempat telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengarahkan kendaraan menuju jalur alternatif melalui jalan kabupaten dan mengarahkannya ke jalur selatan melalui Wonosobo, Magelang dan Ungaran.

Menindak lanjuti hal itu, Kemenhub juga telah mengirimkan surat edaran kepada para PO bus antar kota antar provinsi untuk mengalihkan perjalanannya menuju jalur selatan Pulau Jawa hingga jembatan selesai diperbaiki.

Hingga kini Kemnhub terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk terus memperbaiki jembatan Comal, meski belum bisa dipastikan kapan jembatan tersbut rampung seluruhnya diperbaiki. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini