Sukses

Sampai Mei, Pendapatan Negara dari Sektor Tambang Rp 14 Triliun

Walaupun PNPB 2014 tidak disertai royalti mineral dan harga batubara yang jatuh, namun PNBP tetap meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Mineral Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sampai Mei 2014 Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor pertambang mencapai Rp 14 triliun.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, R. Sukhyar mengatakan, PNBP periode tersebut lebih tinggi dibandingan PNPB periode yang sama tahun lalu.

"PNBP ada kemajuan penagihan sampai  Mei 2013 hanya Rp 9 triliun,  sedangkan 2014 Rp 14 triliun," kata Sukhyar, di kantor Direktorat Jenderal Mineral Batubara Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/7/2014). Sedangkan target PNBP untuk tahun ini di angka Rp 39 triliun.

Sukhyar mengungkapkan, pertambahan pendapatan tersebut merupakan sebuah kemajuan. Pasalnya, pendapatan tidak disertai dengan royalti mineral, karena berhentinya kegiatan ekspor mineral yang disebabkan oleh penerapan pelarangan eskpor mineral mentah. Selain itu, harga batubara saat ini tidak sebaik pada periode tahun lalu.

"Catatan walaupun PNPB 2014 tidak disertai royalti mineral dan harga batubara yang jatuh, namun PNBP meningkat," tuturnya.

Menurut Sukhyar, bertambahnya pendapatan tersebut menunjukkan peninkatan kepatuhan di kalangan pelaku usaha pertambangan.

"Ini menunjukan kepatuhan meningkat,  demikian disimpulkan kepatuhan dan jumlah  wajib pajak pun meningkat," tutupnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.