Sukses

Ini Tiga PR yang Wajib Dituntaskan Jokowi-JK

Pemerintah harus melindungi produksi dalam negeri dari serbuan barang-barang impor sehingga barang lokal menjadi tuan rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Kalangan pengusaha menyambut positif kemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pemilihan presiden (pilpres). Bertumpuk tugas sudah menanti pasangan tersebut.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, paling tidak ada tiga hal yang perlu dibenahi oleh Jokowi-JK dalam masa jabatan 5 tahun.

Pertama soal ketersediaan infrastruktur yang menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi.

"Pelabuhan kita masih banyak butuh perbaikan, seperti Tanjung Priok, juga jembatan, jalan, irigasi," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (24/7/14).

Kedua, soal ketersediaan energi. Hal ini menjadi penting karena menjadi salah satu pertimbangan investor agar mau berinvestasi di Indonesia selain stabilitas keamanan, sumber daya manusia (SDM) dan pasar yang besar.

"Indonesia menjadi sasaran investor yang menjanjikan tetapi kendalanya soal energi seperti ketersedian listrik, ini harus menjadi skala prioritas," lanjutnya.

Dan ketiga, soal masih besarnya impor terutama terhadap barang konsumsi sehingga dinilai perlu adanya kebijakan yang kongkrit terkait penguatan produk dalam negeri.

Pemerintah harus melindungi produksi dalam negeri dari serbuan barang-barang impor sehingga barang lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Harus mengedepankan pakai produk dalam negeri, misalnya dengan SNI. Karena pada kenyataannya banyak barang-barang yang mampu diproduksi oleh UKM tetapi masih banyak barang serupa yang masuk dari China dan itu tidak ada SNI-nya," tandas dia. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Jokowi-JK

  • SNI

Video Terkini