Sukses

Teori Kemakmuran Membawa Perdamaian Tak Berlaku di Israel

Berbagai masalah dan kendala ekonomi selalu menjadi akar munculnya aksi kekerasan serta ketidakstabilan politik dunia.

Liputan6.com, New York - Sejak dulu, berbagai masalah dan kendala ekonomi selalu menjadi akar munculnya aksi kekerasan serta ketidakstabilan politik dunia. Artinya, jika masyarakat di sebuah negara hidup makmur, maka aksi kekerasan, konflik dan kejahatan akan berkurang lalu menghilang dengan sendirinya.

Seperti dilansir dari laman CNBC, Kamis (24/7/2014), meski terdengar sangat masuk akal, tapi teori tersebut ternyata tidak berlaku di Israel. Dengan kondisi perekonomian yang terus meningkat dan tingkat pengangguran yang semakin berkurang, Israel tetap tidak mengenal kata damai.

Bahkan banyak juga yang beranggapan insentif investasi khusus, pinjaman IMF dan NGO mampu memfasilitasi sejumlah program bisnis utama yang dianggap sebagai alat penting menjaga perdamaian.

Dalam perekonomian Timur Tengah, kemakmuran ternyata tak berarti perdamaian. Meski demikian, warga Palestina dan Israel pernah membangun perekonomian bersama dan hidup dengan damai.

Selama lebih dari 40 tahun warga muslim dan Yahudi bekerja bersama secara damai untuk memakmurkan negerinya. Hasilnya, Palestina mampu menyerap populasi Arab dan Yahudi yang besar untuk meningkatkan perekonomiannya.

Pada 1920-an dunia industri semakin berkembang dengan kemajuan di bidang pertanian. Kemakmuran ekonomi semakin jelas. Seharusnya, kemakmuran tersebut membawa perdamaian, tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Ketika Palestina mulai mengalami peningkatan bisnis hingga 400 persen, jumlah lowongan kerja meningkat 100 persen dan investasi tumbuh 10 ribu persen, kedamaian antara Yahudi dan Muslim mulai hancur.

Setelah kerusuhan anti-Yahudi di Hebron pada 1923, pertumpahan darah mulai menjadi hal yang biasa. Dan meskipun kemajuan ekonomi dan peluang kerja masih meningkat, tapi kedamaian tak pernah ada antar keduanya.

Sejak 2001, produk domestik bruto (PDB) Israel meningkat 1.000 persen dan tingkat perekonomiannya bahkan lebih besar dibandingkan Mesir. Padahal Mesir memiliki jumlah penduduk yang 10 kali lebih besar daripada Israel.

Pada saat bersamaan, pemerintah Palestina dan Hamas menerima bantuan investasi bernilai mliaran dolar. Tapi bukannya berdamai, kedua negara tersebut semakin bersitegang.

Begitulah akhirnya, selama politik selalu bergesekan dengan ekonomi di Timur Tengah, damai tak akan pernah terwujud. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini