Sukses

Menhub Lepas Peserta Mudik Gratis ke Jawa Tengah

Mudik gratis ini diikuti oleh 4.937 peserta program mudik gratis 2014 bagi pengguna sepeda motor dengan tujuan 9 kota di Jawa Tengah,

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan melepas 1.528 truk pengangkut motor pemudik, kini pihaknya melepas pemudik gratis para pemilik motor tersebut ke beberapa kota di Jawa Tengah.

Pelepasan yang dilakukan Menhub ini diikuti 4.937 peserta Program Mudik Gratis 2014 bagi pengguna sepeda motor, di halaman parkir Monas pintu Barat Daya pada 24 Juli 2014.

"Ini yang kami berangkatkan sebanyak 92 unit bus disiapkan untuk mengangkut para pemudik ke 9 kota di Jawa Tengah," kata Mangindaan di lapangan silang monas, Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Kota-kota tujuan pemudik tersebut mayoritas berada di jalur selatan Pulau Jawa yaitu Tasikmalaya, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo dan Magelang.
 
EE Mangindaan menjelaskan, Lebaran selain merupakan kegiatan keagamaan, juga merupakan salah satu kegiatan sosial budaya bangsa Indonesia yang ditandai dengan berkunjung ke orang tua, sanak saudara, kerabat atau handai taulan yang dilakukan setahun sekali.

Perjalanan ini sebagian besar dilakukan ke kampung halaman dalam waktu bersamaan sehingga mengakibatkan permaintaan jasa angkutan meningkat dengan tajam.
 
"Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ini bertujuan untuk mengurangi arus lalu lintas pengguna sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan sepeda motor yang selama ini cukup dominan dan mengurangi penggunaan sepeda motor untuk jarak jauh," papar Mangindaan.

Selain itu juga untuk memberikan jaminan bagi pengguna sepeda motor untuk tetap dapat melaksanakan kegiatan lebaran ke daerah masing-masing dengan lebih aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini