Sukses

Pemudik Melalui Pelabuhan Merak Melonjak 53% pada H-4

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP (Persero) pada H-4 lebaran melaporkan jumlah pemudik melalui pelabuhan Merak, Banten mulai menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Corporate Secretary PT ASDP Christine Hutabarat menjelaskan peningkatan tersebut lebih terjadi mulai dari sore hingga malam hari.

"Sepanjang H-4 , dari jam 08.00 WIB - 20.00 WIB telah menyeberangkan penumpang  sebanyak 46.980  orang atau meningkat 53 persen dari hari sebelumnya yang menyeberangkan 30.655 orang," kata Christine dalam keterangannya, Jumat (25/7/2014).

Peningkatan jumlah pemudik ini diperkirakan akan terus bertambah pada H-3 hari ini dan akan menuju puncaknya pada H-3 dan H-2 lebaran.

Dari data yang disampaikan ASDP untuk kendaraan roda 2 pada  H-4 mengalami peningkatan sebesar 101 persen dari H-5 kemarin atau 1117 kendaraan roda 2, sedangkan roda 4, mengalami peningkatan sebesar 51 persen atau sebesar 2095 dari hari kemarin.

"Meski meningkat kondisi pelabuhan masih lancar karena penumpang dan kendaraan langsung terangkut oleh 26 kapal yang beroperasi," jelasnya.

Dilihat dari karakteristik pemudik yang melalui Pelabuhan Merak, mereka lebih suka melakukan perjalanan malam hingga menjelang pagi hari. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari cuaca panas.

Keadaan ini pulalah yang menyebabkan jalur Merak menjadi lebih padat, pada malam menjelang pagi hari dibandingkan siang hingga menjelang sore hari. Diprediski malam nanti jumlah volume kendaraan akan meningkat.

Setuap harinya di Pelabuhan Merak ini tersedia sekitar 90 keberangkatan dengan 27 kapal yang disediakan oleh Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP). (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.