Sukses

Niat Menyumbang Rp 174 Miliar, Miliarder China Malah Kena Protes

Niat menebar kebaikan ternyata tak selalu berbuah positif seperti yang dialami pasangan miliarder asal China Pan Shiyi dan Zhang Xin.

Liputan6.com, Beijing- Niat menebar kebaikan ternyata tak selalu berbuah positif. Sebut saja, pasangan miliarder asal China Pan Shiyi dan Zhang Xin yang menerima kecaman keras dari masyarakat di negaranya usai memberikan donasi pada Harvard University.

Mengutip laman Dawn.com, Sabtu (26/7/2014), pasangan suami istri super kaya tersebut beberapa waktu lalu memang menggelontorkan dana senilai US$ 15 juta atau Rp 174 miliar (kurs: Rp 11.600/US$) pada universitas paling ternama di Amerika Serikat tersebut.

Masyarakat mengungkapkan kekecewaannya di sejumlah media online tentang sumbangan tersebut. Menurut masyarakat setempat, dana sebesar itu sebaiknya digulirkan untuk para pelajar di China agar dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik.

Meski begitu, kedua pengusaha properti dunia itu mengungkapkan, pihaknya telah memberikan sumbangan yang jauh lebih besar senilai US$ 100 juta bagi para pelajar China. Dana tersebut digulirkan bagi sejumlah pelajar China yang bersekolah di universitas ternama di berbagai negara.

Dana tersebut diberikan dalam bentuk biaya pendidikan dari pengusaha SOHO tersebut. Tahap pertama beasiswa diberikan kepada Ivy League yang dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di dunia.

Sejauh ini, kedua miliarder tersebut telah memberikan banyak sumbangan bagi para mahasiswa di luar negeri. Seperti diketahui, China merupakan negara pemilik pelajar internasional terbesar di AS melampaui jumlah mahasiswa dari negara lain. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini