Sukses

Hotel, Mal dan Papan Iklan Ikut Jadi Pencuri Listrik

Saat ini pencurian listrik di kalangan rumah tangga malah menurun.

Liputan6.com,Jakarta - PT PLN (Persero) menyatakan saat ini pencurian listrik masih terjadi. Selain konsumen rumah tangga, pencurian ini biasanya dilakukan pengusaha hotel, pusat perbelanjaan dan papan iklan (bilboard).

Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji mengatakan, saat ini pencurian listrik di kalangan rumah tangga malah menurun.

Namun yang masih banyak ditemukan pencurian listrik yang dilakukan pelanggan listrik besar yaitu hotel, pusat perbelanjaan dan bilboard.

"Yang mencuri hotel dan industri, mall, kalau rumah tangga kecil gampang ketahuan," kata Nur saat melakukan pengecekan kesiapan PLN menghadapi lebaran, di Gardu Induk Gandul Depok, Jumat (25/7/2014).

Dia menambahkan, saat melakukan penindakan pencuri listrik tersebut, terkadang PLN yang malah diperkarakan. Karena itu PLN tidak bergerak sendirian, PLN bekerjasama dengan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Direktorat Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menindak pencuri listrik di atas Rp 1 miliar.

"Kadang kita menangkap malah kena perkara, itulah Indonesia. Tapi Pak Jarman (Dirjen Ketenagalistrikan)  menggunakan PPNS," ungkapnya.

Sedangkan pencuri kecil seperti golongan ruamh tangga PLN bekerjasama dengan aparat kepolisian. "Kita kerjasama dengan Bareskrim, kita kerja yang besar. Kalau kecil PLN dan Polisi. Kalau besar Ditjen Ketenaga Listrikan," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini