Sukses

Kuota Mudik Gratis Pengguna Motor Kemenhub Tak Capai Target

Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis dengan kuota 2.400 motor atau 4.800 pemudik mulai 1 Juli hingga 16 Juli 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada tahun 2014 telah menyediakan mudik gratis bagi para pengendara motor sebanyak 4.800 orang. Namun sayangnya, kuota yang disediakan tersebut tidak mencapai target. Padahal tujuan dari fasilita sini cukup positif yaitu untuk mengurangi angka kecelakaan dan juga memperlancar arus mudik.

Menteri Perhubungan, EE Mangindaan mengakui dengan tidak tercapainya target tersebut berarti kesadaran masyarakat akan keselamatan dirinya sendiri dalam mudik masih kurang.

"Dari laporan dikatakan belum memenuhi kuota, baru 95 persen, padahal tadinya saya takut justru melebih kuota, berarti kesadaran masyarakat belum tinggi," kata Mangindaan seperti yang ditulis, Sabtu (26/7/2014).

Tidak hanya melihat dari sisi kesadaran masyarakat, Mangindaan mengaku hal itu juga diartikannya bahwa Pemerintah dan Polri dalam hal ini masih kurang dalam melakukan sosialisasi.

"Itu berarti kami dalam melakukan sosialisasi msih kurang, kami dengan Polri akan terus melakukan itu," jelasnya.

Seperti diketahui, Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis dengan kuota 2.400 motor atau 4.800 pemudik mulai 1 Juli hingga 16 Juli 2014 yang dilakukan di 5 lokasi pendaftaran yaitu di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Kantor Dishub Kota Bekasi, Terminal Poris Plawad Tangerang, Terminal Depok dan Kantor Dishub Kota Tangerang Selatan.

Sampai dengan batas akhir pendaftaran, jumlah peserta mudik gratis untuk moda angkutan jalan (motor diangkut truk, penumpang naik bus) yang terdaftar adalah sebanyak 2.272 unit sepeda motor atau 95 persen dari kuota yang tersedia dengan jumlah peserta untuk tujuan Surakarta sebanyak 650 unit sepeda motor dan yang paling sedikit untuk tujuan Tasikmalaya, yaitu sebanyak 25 unit sepeda motor.

Sedangkan jumlah penumpang tercatat sebanyak 4.937 orang yang terdiri dari 4.021 orang dewasa dan 916 penumpang anak atau balita.

Dari 2.272 orang yang mendaftar, sebanyak 1.528 orang yang menyerahkan sepeda motornya dari tanggal 21 Juli-22 Juli 2014 untuk diangkut dengan menggunakan 33 unit truk pengangkut. Semua sepeda motor yang diangkut telah dilindungi oleh asuransi. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini