Sukses

Jelang Pengumuman The Fed, Bursa Asia Menguat Tipis

Indeks MSCI Asia Pasifik menguat kurang dari 0,1 persen menjadi 149,50 pada pukul 09.05 waktu Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Singapura - Jelang pengumuman kebijakan moneter dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed), saham di Asia Pasifik menguat tipis pada perdagangan hari ini, mendekati level tertinggi dalam enam tahun terakhir.

Mengutip Bloomberg, Rabu (30/7/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik menguat kurang dari 0,1 persen menjadi 149,50 pada pukul 09.05 waktu Tokyo, Jepang. Sepanjang bulan ini, Indeks MSCI Asia Pasifik mampu menguat 2,6 persen.

Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,2 persen. Indeks Topix Jepang sedikit berubah setelah keluarnya laporan proyeksi produksi industri pada bulan Juni.

Kepala Investasi Craigs Investment Partners Ltd, Mark Lister menjelaskan, pergerakan saham di kawasan Asia pasifik pada hari ini dipengaruhi oleh beberapa sentimen.

Sentimen pertama adalah mengenai sanksi ekonomi tambahan yang diberikan oleh Amerika dan Uni Eropa kepada Rusia. Seperti diketahui, Selasa kemarin Presiden Barack Obama mengumumkan memberikan sanksi ekonomi kepada Rusia terkait makin memanaskan krisis geopolitik di Ukraina.

Mark melanjutkan, sentimen kedua yang mempengaruhi bursa Asia adalah pengumuman The Fed mengenai kepastian pengurangan stimulus dalam kebijakan moneternya.

"Saat ini valuasi saham-saham di Asia memang tidak terlalu murah tetapi juga tidak mahal, hal tersebut menunjukkan masih ada potensi penguatan selama 12 bulan ke depan," jelasnya.

Artinya, pengumuman The Fed sudah tentu akan mempengaruhi pergerakan saham-saham di Asia. Tetapi pengaruhnya tersebut tidak akan besar karena pelaku pasar akan melihat sisi fundamental dari saham-sahamnya sendiri. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini