Sukses

Tip Berbelanja Online dengan Aman

Liputan6.com, Jakarta - Jalanan yang macet terkadang membuat orang malas untuk berbelanja. Nah, beberapa diantaranya saat ini lebih senang untuk berbelanja di toko virtual alias di toko online.Namun terkadang, seringkali langkah tersebut justru membuat berang. Pasalnya, banyak sekali penipuan-penipuan yang dilakukan oleh oknum demi mendapatkan uang.

Saat ini banyak oknum membuat toko online palsu yang merugikan para online shoppers, sebutan buat mereka yang menyukai belanja secara online. Uang telah dikirim, tetapi barang tidak segera datang ke rumah. Akibatnya, online shoppers pun kehilangan uang.

Jika Anda berencana untuk melakukan belanja melalui toko online, MasterCard telah mengumpulkan beberapa tips untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, lancar dan terjamin. berikut nukilannya seperti dikutip Liputan6.com, Sabtu, (2/8/2014):

1. Lindungi privasi anda

Jangan memperlihatkan informasi pribadi kecuali Anda megetahui dengan baik siapa pihak yang mengumpulkannya dan bagaimana data tersebut digunakan. Beberapa situs menjual informasi pelanggan mereka kepada pihak ketiga, oleh karena itu periksalah secara teliti dan jangan berbagi informasi yang Anda miliki apabila tidak ingin orang lain menggunakannya.

2. Berhati-hatilah terhadap penipuan

Tidak sulit untuk membuat sebuah situs di Internet, jadi yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengecekan secara seksama terhadap toko atau ritel di mana Anda ingin membeli, terutama jika Anda belum pernah mengetahui toko tersebut sebelumnya.

3. Gunakan browser yang aman

Biasanya browser menggunakan sandi untuk setiap informasi pembelian yang Anda kirim melalui Internet, sehingga transaksi menjadi lebih aman. Mayoritas browser menerapkan hal ini sebagai fitur standar.

4. Gunakan penyedia jasa keuangan yang menyediakan tingkat keamanan ekstra

Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan kata sandi atau password tambahan yang hanya diketahui oleh pemegang kartu.  Dengan fitur keamanan tersebut bisa memberikan perlindungan tambahan untuk para pemegang kartu dari para peretas (hacker) dan penipu di di dunia maya, serta memberikan keamanan online di semua tingkatan.

5. Simpanlah catatan transaksi dan bukti pembayaran online.

Ingatlah untuk memeriksa rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir. Periksa kebijakan pengembalian barang dan cakupan perlindungan data pribadi anda. Akhirnya, print bukti transaksi, dapatkan salinan email langsung kepada Anda, dan pastikan bahwa jumlah pembelian sesuai dengan tagihan Anda di akhir bulan. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini