Sukses

4 Trik Jadi Orang Sukses Usai Dipecat

Dipecat nampaknya menjadi mimpi buruk bagi setiap karyawan. Jangan takut! pemecatan justru bisa membawa anda menuju gerbang kesuksesan.

Liputan6.com, Los Angeles - Dipecat dari  pekerjaan nampaknya menjadi mimpi buruk bagi setiap karyawan. Namun jangan terlalu takut.  Ternyata, pemecatan justru bisa membawa Anda untuk menuju gerbang kesuksesan.

Dilansir dari Forbes, Minggu (3/8/2014), ada banyak orang sukses yang pernah dipecat. Sebutlah presenter kondang Oprah Winfrey yang dipecat dari pekerjaannya sebagai penyiar berita di Stasiun televisi Baltimore. Dia dipecat setelah bosnya menilai Oprah terlalu melibatkan emosi saat melaporkan sebuah berita.

Pendiri Apple Steve Jobs dipecat dari perusahaan yang dia dirikan menyusul kegagalannya untuk menggeser CEO John Sculley.

Dia kembali ke Apple saat perusaahaan tersebut membeli NeXT yang dibangunnya. Kisah Jobs menjadi salah satu cerita inspiratif dalam dunia bisnis.

Contoh lainnya yaitu Walt Disney uang juga pernah dipecat  dari pekerjaannya di koran Kansas City Star karena dianggap kurang kreatif.

Jadi apa yang Anda lakukan ketika Anda dipecat? Berikut adalah lima cara agar Anda tetap bahagia dan mampu bangkit usai kehilangan pekerjaan:

1. Masa berduka

Tidak peduli seberapa hancurnya Anda saat menerima kabar pemecatan, jangan perlihatkan kekecewaan Anda di  depan atasan Anda, direktur HRD dan rekan kerja.

Jangan langsung mengabari berita tersebut ke orang terdekat Anda saat berada di kantor. Biarkan teman-teman terdekat Anda dan orang yang Anda cintai segera tahu hanya melalui pesan singkat (sms) atau pesan elektronik (email).

Tapi jangan takut untuk  benar-benar meluapkan emosi Anda setelah pulang kantor. Hal ini akan membantu Anda menyembuhkan rasa sakit dan akhirnya Anda bisa melewatinya.

2. Tetap tenang

Berita pemecatan Anda tentu akan segera menyebar. Anda akan dihujani berbagai pertanyaan dan rasa simpati.  Satu pertanyaan yang akan terlintas di benak rekan kerja Anda yaitu "Bagaimana dia menerimanya?"

Untuk itu, sangat penting bahwa jawabannya menggambarkan Anda sebagai tenang dan tetap menjaga percaya diri. Tidak masalah terlihat terkejut dan sedih. Namun jangan sampai Anda emosi lalu melemparkan cangkir kopi Anda ke dinding.

3. Ucapkan selamat tinggal, sambut karir impian

Setelah meninggalkan pekerjaan lama Anda. Kini saatnya Anda mencari pekerjaan baru. Sekarang Anda punya waktu! Cobalah cari tahu bagaimana orang-orang sukses di bidang yang Anda inginkan bisa sampai di puncak.

Buatlah daftar langkah yang diperlukan. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjelajahi impian Anda dan membuat mereka menjadi kenyataan.

4. Selami Diri Anda

Pelajari semua sumber daya yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai karir baru Anda. Ikutilah sejumlah kursus untuk meningkatkan kemampuan Anda. Bergabunglah dengan komunitas online untuk bertemu dengan orang lain dalam minat yang sama, belajarlah dari mereka.

Temukanlah karir impian yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Mencari uang tidak hanya dengan bekerja di sebuah perusahaan, Anda bisa menjadi pekerja freelance, atau membangun bisnis yang sesuai dengan impian Anda. (Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini