Sukses

Warga Tahun Ini Kurang Minati Mudik Pakai Bus

Penurunan jumlah pengguna bus tersebut lebih disebabkan masyarakat sudah mulai beralih penggunaan moda transportasi udara dan kereta api.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian perhubungan (Kemenhub) melaporkan dalam penyelenggaraan posko mudik lebaran tahun 2014 pengguna jumlah angkutan darat mengalami penurunan.

Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan menjelaskan hal ini berbanding terbalik dengan moda transportasi lain seperti kereta api, laut dan udara yang justru mengalami kenaikan pengguna.

"Untuk angkutan bus tahun ini turun sekitar 12 persen, dari tahun lalu sekitar 20 ribuan tahun ini menjadi 18 ribuan," kata Menhub di kantornya, Rabu (6/8/2014).

Dia menambahkan penurunan jumlah pengguna bus tersebut lebih disebabkan masyarakat sudah mulai beralih penggunaan moda transportasi udara dan kereta api.

"Semua sudah naik kereta api, dan juga udara. Sekarang menggunakan transportasi udara bukan jadi angkutan mewah, semua orang bisa beli sekarang," tegas dia.

Dari data Kemnhub, H-7 sampai H+7 jumlah pengguna angkutan kereta api mengalami peningkatan sebesar 11,7 persen dari 3,3 juta pada tahun lalu menjadi 3,7 juta tahun ini.

Sedangkan untuk moda transportasi udara peningkatan sebesar 7,3 persen jika dibandingkan tahun lalu hanya 3,6 juta menjadi 3,9 juta pada mudik lebaran tahun ini.

Untuk memaksimalkan semua angkutan lebaran, Mangindaan menghimbau kepada para pengusaha transportasi untuk terus meningkatkan kualitas dan kenyamanan angkutan.

"Yang pasti kualitas harus terus ditingkatkan untuk menjaga para pelanggan, karena ini transportasi yang terpenting adalah keselamatan penumpang yang benar-benar harus dijaga," pungkasnya. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini