Sukses

Jalur Kereta Api Makassar-Pare-Pare Mulai Dibangun 12 Agustus

Rencananya, proses kontruksi akan dimulai pada tahun depan dengan total anggaran sebanyak Rp 270 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan melakukan proses peletakan batu pertama (ground breaking) untuk jalur kereta api Sulawesi Selatan yaitu Makassar-Pare-Pare pada 12 Agustus nanti.

Direktur Jenderal Lalu Lintas dan Perkeretapian Kemenhub, Hanggoro BW mengatakan, proyek jalur kereta api ini merupakan salah satu dari 16 proyek infrastruktur yang diprioritaskan oleh pemerintah.

"Kereta yang pertama akan ground breaking Makassar - Pare-pare tanggal 12 Agustus besok. Itu panjangnya 103 kilometer (km)," kata dia, di Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Hanggoro melanjutkan, dalam prosesnya sampai saat ini pemerintah telah melakukan pembebasan lahan sepanjang 30 km.

Rencananya, proses kontruksi akan dimulai pada tahun depan dengan total anggaran sebanyak Rp 270 miliar.

"Kami baru membebaskan tanah 30 km. Tahun depan mulai konstruksi dengan anggaran Rp 270 miliar. Semua APBN untuk infrastruktur. Itu kami sudah MoU dengan gubernur," lanjutnya.

Sementara untuk proyek lain, seperti Kalimantan pihaknya belum bisa melakukan ground breaking. Pasalnya, untuk alokasi pendanaan pihaknya tengah menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Kalau Kalimantan belum. Dia masih tunggu dari Kemenkeu. kami usulkan VGF,itu belum ada konfirmasi dari Kemenkeu. Sehingga kami belum berani ground breaking untuk Kalimantan," pungkasnya. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini