Sukses

Harga Jual Semen di Palu Kembali Turun

Meskipun harga semen saat ini terbilang turun, namun tidak membuat omzet para pedagang meningkat.

Liputan6.com, Palu - Harga jual semen di sejumlah toko bahan bangunan di Palu, Sulawesi Tengah, kembali turun. Rata-rata penurunan harga semen untuk semua merek tercatat sebesar Rp 2.000 per sak.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (8/8/2014), harga semen di Palu kembali normal. Semen merek Tonasa yang tadinya Rp 60 ribu per sak, kini turun menjadi Rp 58 ribu per sak.

Begitu pula semen merek Tiga Roda yang sebelumnya Rp 59 ribu per sak, kini turun Rp 57 ribu per sak. Sedangkan, semen merek Bosowa dari harga Rp 58 ribu per sak, sekarang turun menjadi Rp 56 ribu per sak.

Pedagang mengaku, kembali turunnya harga semen yang baru sepekan ini di sejumlah toko, dikarenakan harga penjualan di tingkat distributor masing-masing merek semen turun.

"Pedagang mengikuti harga dari distributor, kalau harga lagi turun di distributor pasti harga di pedagang juga turun dan begitu pula sebaliknya," aku salah satu pedagang semen, Ical, kepada Liputan6.com di Palu.

Sebelumnya, harga semen untuk semua merek di Palu naik. "Sebelumnya memang naik harganya, karena harga penjualan di tingkat distributor naik. Tambah lagi saat itu tarif listrik industri naik. Tapi sekarang turunnya harga ini tidak jelas juga apa penyebabnya dari distributor," sebut pedagang semen lainnya, Sukri, ditemui terpisah.

Dia menambahkan, meskipun harga semen saat ini terbilang turun, namun tidak membuat omzet para pedagang meningkat.

"Omzet menetap, konsumen yang ingin membutuhkan semen masih kurang meskipun harga turun, makanya omzet tidak meningkat," tandas Sukri. (M Taufan SP Bustan/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.