Sukses

6 Kota Dipastikan Batal Rekrut CPNS Tahun Ini

Pemerintah rencananya membuka 65 ribu lowongan CPNS pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan sebanyak enam pemerintah kabupaten/kota batal melakukan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada periode 2014 ini.

Dilansir dari situs KemenPAN-RB, Sabtu (9/8/2014), keenam kota tersebut yaitu:  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Barat, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Pemkot Bengkulu, Pemkab Lampung Timur, Pemkab Sukoharjo dan Pemkot Denpasar.

Pemerintah rencananya membuka 65 ribu lowongan CPNS pada tahun ini. Total formasi CPNS tersebut awalnya tersebar di 510 instansi yang terdiri dari 439 pemerintah daerah (pemda) dan 71 instansi pemerintah pusat (pempus).

Setelah mendapatkan alokasi formasi, mereka seharusnya menyerahkan rincian formasi. Instansi yang tidak segera menyampaikan rincian formasi untuk seleksi CPNS akan ditinggal.

"Jika tidak menyerahkan berarti ada dua kemungkinan, yaitu memang terlambat atau ditunda," ujar Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tasdik Kinanto.


Menurut jadwal, penyampaian rincian formasi paling lambat Jumat, 8 Agustus 2014. Walaupun sudah diberikan alokasi formasi, ada beberapa instansi yang menyatakan menunda pelaksanaan CPNS 2014.

Ada beberapa penyebab dari pembatalan instansi untuk terlibat dalam pelaksanaan seleksi CPNS. Keterbatasan anggaran dapat menjadi kendala untuk masing-masing instansi. Selain itu, instansi ingin fokus dalam penyelesaian penyaringan CPNS tahun lalu. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini