Sukses

Populasi Orang Kaya Dunia Terus Meningkat

Dalam 14 tahun terakhir, sejumlah negara berkembang mencatatkan kemajuan perekonomian yang luar biasa.

Liputan6.com, New York - Populasi miliarder semakin meningkat signifikan dari waktu ke waktu. Sejak memasuki abad ke-21, jumlah miliarder terkaya dunia telah meningkat hingga 350 persen hingga berjumlah 1.645  orang.

Sejak 14 tahun terakhir, total kekayaan miliarder terkaya dunia telah mencapai US$ 6,4 triliun. Memang, jumlah miliarder sempat berkurang saat terjadi serangan teroris pada 2002. Tapi itu tak berlangsung lama, jumlah orang kaya di dunia terus mengalami kenaikan.

Peneliti dari Duke University Jonathan Wai mengatakan, pertumbuhan orang kaya di dunia sangat penting mengingat pengaruhnya pada kelompok politik dan masyarakat.

Lantas mengapa jumlah miliarder terkaya dunia terus meningkat dari tahun ke tahun? Berikut tiga alasannya seperti dikutip dari Science Monitor, Senin (11/8/2014):

1. Pertumbuhan ekonomi China

Reformasi perekonomian China yang dimulai pada 1979, berhasil mentransformasi sektor manufakturnya hingga mampu mengundang banyak perusahaan asing datang. Sekitar 600 juta penduduknya berhasil keluar dari tekanan kemiskinan.

Dulu China merupakan negara dengan perekonomian terbesar keenam di dunia tapi kini telah meningkat ke posisi kedua. China kini telah berhasi menyumbang 152 miliarder terkaya dunia dan berada di posisi kedua setelah AS yang memiliki 492 miliarder.

2. Kemajuan negara berkembang

Dalam 14 tahun terakhir, sejumlah negara berkembang mencatatkan kemajuan perekonomian yang luar biasa. Krisis finansial global beberapa tahun lalu ternyata berhasil membuktikan kekuatan negara berkembang.

Setelah fase tersebut, negara-negara berkembang tercatat dapat pulih lebih cepat dibandingkan negara maju. Negara-negara berkembang tercatat menciptakan lebih banyak orang kaya seperti India yang kini mencetak 58 miliarder dan Nigeria yang telah berhasil melahirkan seorang miliarder.

3. Perkembangan teknologi

Teknologi kini telah menciptakan banyak peluang baru bagi para penduduk untuk mendulang kekayaan. Saat ini sepertiga miliarder berasal dari sektor teknologi, ilmu pengetahuan dan matematika.

Teknologi dan internet telah mengubah banyak hal. Perkembangannya berhasil mengantarkan banyak orang mendulang limpahan harta dan menjadikannya sebagai miliarder terkaya di dunia. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini