Sukses

Pemkot Bengkulu Tak Rekrut CPNS Tahun Ini

Pembatalan ini sudah sesuai prosedur dan dilaporkan kepada gubernur dan BKN Pusat.

Liputan6.com, Bengkulu - Pemerintah Kota Bengkulu memastikan batal melakukan proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014.

Kepala Bagian Humas Pemkot Bengkulu Salahudin Yahya menyatakan, pembatalan ini sudah sesuai prosedur dan dilaporkan kepada gubernur dan BKN Pusat.

"Kita tetap melanjutkan moratorium dan tidak menerima CPNS hingga tahun 2014 ini," ujar Salahudin di Bengkulu, Senin (11/8/2014).

Kebijakan walikota ini lanjut Salahudin akan terus berlaku selama postur anggaran dalam APBD lebih besar untuk belanja pegawai daripada belanja pembangunan.

Pembatalan ini juga dipicu karena jumlah pegawai honorer kategori II masih cukup banyak lebih dari 500 orang. Jumlah ini belum termasuk para pegawai honorer daerah yang diangkat melalui Surat Keputusan kepala dinas dan badan se Kota Bengkulu.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan sebanyak enam pemerintah kabupaten/kota batal melakukan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada periode 2014 ini.

Dilansir dari situs KemenPAN-RB, Sabtu (9/8/2014), keenam kota tersebut yaitu: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Barat, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Pemkot Bengkulu, Pemkab Lampung Timur, Pemkab Sukoharjo dan Pemkot Denpasar.

Pemerintah rencananya membuka 65 ribu lowongan CPNS pada tahun ini. Total formasi CPNS tersebut awalnya tersebar di 510 instansi yang terdiri dari 439 pemerintah daerah (pemda) dan 71 instansi pemerintah pusat. (Yuliardi Hardjo Putra/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.