Sukses

Tak Punya Duit, 10 Pemda Ini Batal Buka Lowongan CPNS

Keputusan itu diambil karena pemerintah daerah setempat tidak memiliki dana untuk menggaji abdi negara baru.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 10 pemerintah provinsi, kabupaten/kota dipastikan batal membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. Keputusan itu diambil karena pemerintah daerah setempat tidak memiliki dana untuk menggaji abdi negara baru.

Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Setiawan Wangsa Atmaja menuturkan, penambahan jumlah PNS tentu memiliki konsekuensi bertambahnya biaya pegawai yang harus dikucurkan setiap bulan. 

"Alokasi formasi yang diberikan, dikembalikan ke pusat. 10 pemerintah kabupaten/kota ini memutuskan untuk tidak menggunakan formasi," kata Setiawan di kantornya, Senin (11/8/2014).

Adapun 10 pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang batal membuka lowongan CPNS pada tahun ini:

1. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Barat.

2. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

3. Pemkot Bengkulu.

4. Pemkab Lampung Timur.

5. Pemkab Sukoharjo.

6. Pemkot Denpasar.

7. Pemkot Madiun.

8. Pemkab Musi Banyuasin.

9. Pemkab Asahan.

10. Pemprov Jambi.

Sekadar informasi, pemerintah bakal membuka lowongan 65 ribu CPNS pada tahun ini. Rencananya pendaftaran seleksi CPNS mulai 20 Agustus sampai 3 September 2014.

Pelaksanaan tes dengan sistem computer assisted test (CAT) akan dilaksanakan mulai tanggal 8 September 2014 sampai selesai. Sesuai surat Menteri PAN RB, pendaftaran CPNS pendaftaran dilakukan secara online atau sistem single entry melalui portal Panselnas. (New)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.