Sukses

4 Tanda Anda Sudah Siap Jadi Pengusaha Besar

Menjadi pegawai saja tampaknya tak akan cukup mengantarkan Anda menjadi orang yang kaya raya.

Liputan6.com, New York - Menjadi pegawai saja tampaknya tak akan cukup mengantarkan Anda menjadi orang yang kaya raya. Berhenti jadi pegawai dan mendirikan bisnis sendiri sering disebut-sebut sebagai cara mewujudkan mimpi menjadi pengusaha besar.

Mengutip laman Forbes, Kamis (14/8/2014), berani mengambil risiko merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjajal berbagai peluang bisnis yang tersedia. Saat berani melakukannya berarti Anda juga harus siap kehilangan karir yang selama ini dilakoni.

Tapi sebelum meninggalkan karir sekarang, pastikan Anda telah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Untuk mengetahui kesiapan pribadi, berikut empat tanda Anda sudah siap menjadi pengusaha besar dan kaya:

1. Memiliki cukup uang

Uang bagaikan asupan darah yang mengalir dalam bisnis Anda dan sangat penting untuk menjaga usaha tersebut tetap hidup dan berjalan. Uang atau modal untuk membangun usaha dapat berasal dari tabungan pribadi, teman atau keluarga.

Tak jarang pinjaman dari bank serta modal dari para investor juga dibutuhkan. Saat Anda sudah memiliki rencana bisnis dan dana yang cukup, artinya Anda telah siap membangun bisnis dan menjadi pengusaha kaya.

2. Memiliki pengetahuan yang cukup

Setiap orang dapat menjadi pengusaha besar tak peduli dirinya berasal dari keluarga miskin atau kaya. Tapi tak semua orang memiliki jiwa berbisnis yang kemudian mendorongnya untuk mencari pengetahuan yang cukup sebagai bekalnya.

Pengetahuan bisa diperoleh dari mana saja termasuk belajar dari para pengusaha yang lebih dulu sukses dari Anda.

3. Memiliki produk

Dalam bisnis apapun, produk merupakan salah satu faktor kunci penentuan kesuksesan Anda. Selama ini, telah banyak pengusaha dengan produk yang ternyata tak diminati masyarakat.

Anda tentu tak ingin membuat waktu dan uang dengan membangun tipe produk dan bisnis seperti itu. Artinya, saat Anda telah memiliki konsep bisnis yang matang dengan prospek produk yang baik, segeralah mulai berbisnis.

4. Memiliki banyak waktu

Apakah menjadi pengusaha berarti Anda harus berhenti bekerja? Pikirkan dengan baik seberapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk membangun bisnis pribadi.

Jika Anda berbisnis secara online, mungkin saja Anda melakukan sambil bekerja. Sebaliknya, jika tidak begitu, Anda harus meluangkan banyak waktu dan bisa jadi keluar dari pekerjaan.

Saat Anda telah memiliki waktu yang cukup untuk memutar roda bisnis pribadi, Anda telah siap menjadi seorang pengusaha besar. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.