Sukses

Kembangkan Energi Terbarukan, ESDM Gandeng Kemenakertrans

Salah satu sumber energi terbarukan yang akan dikembangkan adalah bioenergi, yang memiliki peran strategis.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigasi (Kemenakertrans) melakukan kerja sama dalam pemenuhan energi listrik di kawasan transmigrasi dengan Energi Baru Terbarukan.

Kerja sama tersebut dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) dan  Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Dengan ditandatanganinya kesepahaman bersama dan perjanjian kerjasama diharapkan terjadi singkroniasi kegiatan di antara kedua kementerian di antara kedua kemeterian dalam rangka pengelolaan EBTKE, di kawasan transmigrasi," kata
Menteri Kementerian ESDM Jero Wacik,  saat melakukan penandatanganan kerjasama, di Kantor  Ditjern P2MKT, Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Jero melanjutkan, program kerja sama di kawasan transmigasi Indonesia tersebut berlangsung selama lima tahun. Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi kegiatan pengelolaan EBTKE di mulai dari penyediaan bahan baku dan pemanfaatan energi.

Jero menyebutkan, salah satu sumber energi terbarukan yang akan dikembangkan adalah bioenergi, yang memiliki peran strategis.

Direktur Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Roosari Tyas Wardani mengatakan, dengan adanya kelistrikan di wilayah transmigrasi dapat meningkatkan perekonomian para transmigran, pasalnya kegiatan transmigran bertambah saat malam hari.

"Energi sudah masuk mengukir industri kreatif, karena energi yang tersedia bisa bekerja saat malam hari," kata pungkas Roosari. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini