Sukses

Gaji PNS dan TNI/Polri Naik Lagi Tahun Depan

Kenaikan gaji dilakukan agar kinerja pemerintahan lebih efektif.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan menaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI dan Polri sebesar 6 persen pada tahun depan. Kenaikan gaji dilakukan agar kinerja pemerintahan lebih efektif.

"Untuk mendukung pelaksanaan pemerintah efektif gaji PNS, TNI/Porli naik 6 persen," kata  Menteri Keuangan M. Chatib Basri dalam konferensi pers RAPBN 2015 di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Selain pegawai aktif, lanjut dia,  pensiunan PNS, TNI dan Polri juga mengalami kenaikan sebesar 5 persen. Selain itu, kesejahteraan  PNS, TNI dan Polri juga akan ditingkatkan melalui uang makan.

"Pensiun naik 5 persen," tegas Chatib.

Chatib menyebutkan kenaikan uang makan abdi negara tersebut dari Rp 5.000 per hari, untuk PNS menjadi Rp 30 ribu dan TNI/ Polri Rp 50 ribu per hari.

Sementara itu, untuk belanja Kementerian/Lembaga tahun depan lebih rendah yaitu  Rp 600,6 triliun, sedangkan tahun ini Rp 602,6 triliun.

"Lebih rendah karena tidak ada program baru. Program barus akan dibuat pemerintah baru, angka ini dibuat berdasarkan pagu yang ada," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.