Sukses

Pertamina Sumbang Gedung Rp 5 Miliar ke ITB

Dirut Pertamina, Karen Agustiawan mengingatkan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni sangat diperlukan agar Indonesia dapat bersaing.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) meresmikan pembangunan Gedung Pertamina-MBA Business Research Center ITB senilai Rp5 miliar sebagai  bentuk dukungan untuk menunjang pengembangan pengetahuan dan sekaligus persiapan sumber daya manusia handal menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan mengatakan, gedung tersebut dapat menjadi pusat ilmu manajemen dan bisnis yang dapat dioptimalkan untuk melahirkan akademisi yang capable dan competitive dan berdaya saing di tingkat global.

"Seluruh komunitas ASEAN, khususnya Indonesia tinggal memiliki waktu sekitar empat bulan lagi untuk mempersiapkan diri memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Untuk itu, dukungan sumber daya manusia yang mumpuni dan berdaya saing sangat diperlukan oleh Indonesia agar bisa ikut berkompetisi dan tidak sekadar terjebak sebagai pasar," kata Karen, di Jakarta, Minggu (17/8/2014).

Menurut Karen, Pertamina sebagai perusahaan energi Nasional milik bangsa terus berupaya memberikan kontribusi nyata kepada sektor pendidikan.

Dari Gedung Pertamina-MBA Business Research Center ITB ini, akan dicetak generasi-generasi pendobrak  yang berpikir jauh merintis terobosan ekonomi berbasis inovasi guna menghadirkan sumber-sumber kemakmuran yang bisa digali dan dihadirkan untuk negeri ini.

Dalam enam tahun terakhir, Pertamina telah aktif bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi serta didukung oleh Kementerian Pendidikan Nasional sukses menyelenggarakan Olimpiade Sains Pertamina tingkat Nasional untuk kalangan mahasiswa.

Program ini telah berhasil mendorong minat mahasiswa Indonesia terhadap kompetisi sains, yang terlihat dari antusiasmenya mengikuti kompetisi tersebut, dimana pada 2013 yang lalu jumlah peserta menembus angka 25.000 peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Karen juga menyerahkan bantuan satu unit Electric Executive Luxury Car kepada ITB. Penyerahan bantuan ini sebagai bagian dari upaya perusahaan mendukung pengembangan kapasitas nasional dalam penyediaan mobil listrik sebagai alat transportasi ramah lingkungan.

"Ini adalah bentuk partisipasi aktif Pertamina dalam pengembangan mobil listrik nasional. Pertamina sangat mendukung program pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN, dalam upaya pengembangan kapasitas dan kemampuan nasional untuk memproduksi alat transportasi yang ramah lingkungan dan tidak bergantung pada energi fosil yang tak terbarukan," tutup Karen. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini