Sukses

Berikut Daftar Penerima Penghargaan Kementerian ESDM

Ini merupakan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang secara nyata telah berkarya dalam menciptakan inovasi dan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan penganugerahan Penghargaan Energi Tahun 2014.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, penghargaan energi merupakan suatu bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah untuk menghargai jasa perorangan, kelompok masyarakat, perusahaan asing, nasional dan daerah, serta pemerintah pusat dan daerah yang berjasa luar biasa dan berdampak besar melakukan kegiatan usaha pengembangan, penyediaan, dan pemanfaatan energi dengan prinsip diversifikasi dan/atau konservasi energi yang menghasilkan produk nyata secara fisik sebagai hasil inovasi dan pengembangan teknologi baru.

"Maksud Penghargaan Energi adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat dan mendorong peran aktif pemangku kepentingan dalam melakukan diversifikasi, konservasi dan budaya hemat energi," kata Jero, dalam acara penganugrahan penghargaan energi, di Balai Kartini, Jakarta, Senin (18/8/2014).

Acara tersebut juga memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang secara nyata telah berkarya dalam menciptakan inovasi dan pengembangan teknologi Sektor ESDM secara berkesinambungan, menginspirasi masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan dan mewujudkan budaya hemat energi dan mendorong pemangku kepentingan dalam pengembangan dan pemanfaatan energi.

"Tema Penghargaan Energi Tahun 2014 ini adalah Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Energi, tema ini kami pilih sejalan dengan Kebijakan Kementerian ESDM yang telah dituangkan dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 4051 K/07/MEM/2013 tanggal 27 Desember 2013 tentang Penetapan Catur Darma Energi, yaitu Darma ke-3 adalah Kembangkan secara masif energi baru terbarukan dan Darma ke-4 adalah Hemat energi," papar dia.

Adapun Jenis Penghargaan Energi ada 3 (tiga), yaitu:

Penghargaan Energi Prakarsa, diberikan kepada unsur masyarakat baik secara perseorangan maupun kelompok masyarakat

Penghargaan Energi Pratama, diberikan kepada unsur perusahaan yang berasal dari nasional/daerah atau asing

Penghargaan Energi Prabawa, diberikan kepada instansi pemerintah dan pemerintah daerah.

Penerima Penghargaan Energi Prakarsa Perorangan Tahun 2014:

Amin, Pontianak, Kalimantan Barat;
Sopyan Hadi, Bengkalis, Riau
Suhargo, Magetan, Jawa Timur

Penerima Penghargaan Energi Prakarsa Kelompok Masyarakat Tahun 2014:

Prof. Dr. Erliza Hambali dan Tim, Bogor, Jawa Barat
Koperasi “SAE” PUJON, Malang, Jawa Timur
Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau

Penerima Penghargaan Energi Pratama Tahun 2014:

PT Duta Pudak Lestari, Muaro Jambi, Jambi
PT Odira Energy Persada, Bekasi, Jawa Barat
PT Semen Indonesia, Gresik, Jawa Timur
PT Wilmar Bioenergi Indonesia, Dumai, Riau

Penerima Penghargaan Energi Prabawa Tahun 2014:

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
Pemerintah Kabupaten Badung
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas
Pemerintah Kabupaten Lombok Utara
Pemerintah Kabupaten Pasaman. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.