Sukses

5 Hal yang Paling Menguras Uang saat Membesarkan Anak

Makanan dan pakaian mungkin menjadi kebutuhan paling penting yang harus dipenuhi para orangtua saat membesarkan anak-anaknya.

Liputan6.com, New York - Makanan dan pakaian mungkin menjadi kebutuhan paling penting yang harus dipenuhi para orang tua saat membesarkan anak-anaknya. Jangan salah, ternyata masih banyak keperluan anak lain yang dapat menguras uang lebih besar di samping kebutuhan pokoknya.

Mengutip laman CNN Money, Rabu (20/8/2014), pengeluaran super besar dapat berasal dari luar kebutuhan pokok seperti membeli mainan. Meski bisa membelikan mainan murah, tapi perkembangan teknologi membuat permainan digital dan mahal kian berkembang.

Selain itu, pesta ulang tahun juga tercatat menguras uang para orangtua. Bagaimana tidak, selain merayakan ulang tahun, para orangtua juga harus membeli kado untuk sang anak.

Berikut lima hal yang paling menguras uang saat membesarkan anak:

1. Alergi makanan

Belanja makanan untuk anak-anak mungkin tak akan menelan biaya terlalu besar. Faktanya, alergi makanan yang dialami anak dapat memaksa Anda menguras kocek lebih besar.

Pasangan dengan empat anak di Florida, Kim dan Aaron Blackham misalnya, harus mengeluarkan uang hingga US$ 400 atau setara Rp 4,7 juta per bulan untuk perawatan alergi yang diderita salah satu puteranya. (kurs: Rp 11.676/US$)

Pasangan tersebut juga harus membeli susu almond, keju bebas susu, dan roti gandum untuk puteranya tersebut. Tentu saja, kebutuhan makanan sang putera menelan biaya lebih banyak dari harga normal.

2. Pesta ulang tahun

Membeli kado dan merayakan pesta ulang tahun anak merupakan salah satu kegiatan yang dapat menguras uang para orangtua. Satu perayaan ulang tahun beserta kadonya saja bisa menelan biaya hingga lebih dari satu juta rupiah.

Salah satu warga New Jersey, Teresa Sellinger tak pernah menduga, dirinya dapat menguras uang hingga jutaan rupiah hanya untuk hari ulang tahun ketiga anaknya.

Untuk merayakan ulang tahun ketiga anaknya setiap tahun, Sellinger harus menghabiskan uang sekitar US$ 3.400 atau Rp 39,7 juta. Padahal, dia selalu berusaha berhemat dengan memangkas beberapa biaya kehidupan sehari-hari.

3. Video game

Sebagai orangtua, membelikan anak-anak mainan merupakan salah satu bagian dari proses membesarkan sang buah hati. Tapi bagaimana jika mainan yang harus dibeli merupakan video game Xbox 360 seharga US$ 500 atau Rp 5,8 juta.

Tapi itu belum seberapa, seorang ibu di Oregon harus menghabiskan uang hingga US$ 2.000 atau Rp 23,4 juta untuk membeli perlengkapan dan aksesoris video game milik sang anak.

4. Jalan-jalan

Memiliki puteri di tengah pergaulan sosial yang semakin modern tentu dapat menguras uang cukup banyak. Seorang ibu di Colorado tak pernah menduga kehidupan sosial sang anak dimulai saat puterinya menginjak usia 10 tahun.

Akibatnya, dia harus menghabiskan uang untuk membiayai sang anak nonton film di bioskop, bermain ice skating, makan siang dengan teman atau berkunjung ke tempat-tempat rekreasi.

5. Kegiatan ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler yang biasa disingkat ekskul juga ternyata cukup menguras uangpara orang tua. Pasangan Dana dan Jeremy Vaudrin asal Texas mengaku mengeluarkan uang hingga 2.000 atau Rp 23,4 juta per tahun hanya untuk kebutuhan ekskul sang anak.

Kegiatan anak-anak mulai dari main bola hingga berkemah di sekolah telah membuat pengeluaran semakin membengkak. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini