Sukses

Rakyat Harus Dibuat Tak Bergantung pada Satu Transportasi Saja

Jadi misalnya moda transportasi laut seperti jaringan kereta api double track, jaringan jalan yang diperkuat, transfer antar titik diperkuat

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan yang perlu dikembangan pemerintahan mendatang dalam sektor transportasi yaitu prinsip antar moda.

Hal ini karena bagaimanapun penumpang dan barang yang diangkut dari satu daerah ke daerah lain tidak hanya bergantung pada satu moda transportasi saja.

"Makanya butuh koordinasi. Jadi misalnya moda transportasi laut seperti jaringan kereta api double track, jaringan jalan yang diperkuat, transfer antar titik diperkuat, jadi memang membangunnya harus secara komprehensif," ujar dia di Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Selain itu, menurut dia, pengembangan tol laut juga sangat membantu memenuhi kebutuhan alat transportasi untuk mengantar barang dari satu titik ke seluruh wilayah Indonesia.

"Jika melihat dari kebutuhan ekonomi, budaya, kebutuhan Indonesia dalam perkembangan ke depan, maka kita butuh kapasitas yang lebih besar lagi di laut," tutur dia.

Mengenai pengeluaran biaya yang dinilai akan semakin besar jika kapal dalam sistem tol laut ini tidak mengangkut barang secara maksimal terutama saat perjalanan kembali, Bambang menyatakan bahwa hal tersebut bisa diatasi dengan pemberian subsidi untuk sementara waktu.

Kita kan bicara kapasitas untuk mengalirkan barang dan penumpang. Kalau ada kondisi inbalance dimana muatannya tidak seimbang antara yang menuju dan yang pulang, itu bisa disubsidi, sampai nanti ekonominya terbentuk. Begitu terbentuk maka subsidi bisa dipangkas," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini