Sukses

Yuk, Ikut Simulasi Tes CPNS CAT Online di Liputan6.com

Mulai hari ini, Anda bisa berlatih tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT) di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira buat Anda yang ingin menjadi PNS. Mulai hari ini, Anda bisa berlatih tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com.

Dalam penyediaan aplikasi ini, Liputan6.com merupakan mitra resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANR-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Penggunaan sistem CAT tidak mengubah mekanisme proses CPNS mulai dari awal hingga akhir. Sistem ini hanya menggantikan pengerjaan soal tes seleksi yang biasanya menggunakan lembaran jawaban secara fisik menjadi sistem komputer sehingga CPNS nantinya mengerjakan soal tes menggunakan komputer.

Sistem CAT ini akan diterapkan dalam seleksi CPNS yang digelar seluruh instansi pemerintah pusat, pemerintah kota dan pemerintah kabupaten pada tahun ini. Pelaksanaan sistem CAT secara serentak dalam proses seleksi CPNS di seluruh instansi pemerintahan merupakan pertama kali di Indonesia.

"Untuk pelaksanaan seleksi CPNS 2014 sesuai rencana sepenuhnya menggunakan CAT," tegas Herman saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (19/8/2014).

Untuk teknis pelaksanaan di lapangan, lanjut Herman, praktik penggunaan CAT tersebut dengan memanfaatkan tiga fasilitas yaitu fasilitas BKN, fasilitas Kemendikbud/UKG, dan fasilitas mandiri bagi instansi yang akan menggunakan infrastruktur IT sendiri.

"Walaupun dukungan fasilitasnya berbeda tapi aplikasi CAT-nya terstandarisasi sebagaimana digariskan oleh Panitia Seleksi Nasional/Panselnas," tuturnya.

Untuk itu, bagi para calon peserta seleksi, selain terus meng-update informasi di portal resmi: menpan.go.id, bkn.go.id, panselnas.menpan.go.id, sccn.bkn.go.id, dan portal media partner salah satunya Liputan6.com, juga diharapkan menyimak informasi dari masing-masing instansi yang membuka lowongan formasi.

Herman menjelaskan, penggunaan aplikasi ini bersamaan dengan acara 'Launching Simulasi CAT Online' yang akan digelar di Wisma Serbaguna Senayan, Jl. Manila Pintu I Senayan Gelora Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno. (Ndw)

 

Baca juga:

Mau Tes CPNS? Ikuti Simulasi CAT Online di Liputan6.com

Alasan Kartu Kuning dan SKCK Dihapus Saat Daftar Tes CPNS

Akuratkah Buku Tes CPNS yang Dijual di Pasaran?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini