Sukses

Di Negara Ini, Gaji Bos 131 Kali Lipat Lebih Besar dari Pegawai

Bukan hal yang aneh jika gaji seorang atasan berjumlah lebih besar dibandingkan pegawainya. Tapi bagaimana jika bedanya 131 kali lipat?

Liputan6.com, London - Bukan hal yang aneh jika gaji seorang atasan berjumlah lebih besar dibandingkan pegawainya. Tapi di Inggris, kesenjangan gaji antara atasan dan pegawai benar-benar fantastis.

Seperti dikutip dari laman Money CNN, Rabu (20/8/2014), lembaga riset High Pay Center menemukan, para CEO perusahaan-perusahaan besar di Inggris menerima gaji sebanyak 131 kali lipat lebih besar dibandingkan rata-rata upah para pegawainya.

Angka tersebut meningkat dari rasio kesenjangan sebesar 47 kali lipat pada 1998. Meski angka tersebut belum menandingi kesenjangan penghasilan yang terjadi di Amerika Serikat, peningkatannya terbilang sangat signifikan.

Hasil tersebut hampir setara dengan hasil penelitian yang dilakukan Manifest. Pada 212, lembaga penelitian tersebut menemukan perbedaan pendapat antara atasan dan bawahan di Inggris mencapai 133 kali lipat.

Kebanyakan para pegawai Inggris menderita karena kenaikan gaji di sana cukup lama. Terlebih lagi, kenaikan gaji di sana tak mampu mengikuti laju inflasi pada 2010.

Bahkan hampir setengah dari perusahaan di Inggirs membayar gaji 100 kali lipat lebih besar pada atasan dibandingkan pegawainya.

Tapi ada juga para atasan yang mendulang uang hingga ratusan kali lipat dibandingkan pegawainya. Tengok saja, CEO WPP yang mencetak pendaptan sebanyak 29,8 juta pound sterling atau 780 kali lipat lebih besar dari gaji rata-rata pegawainya.

Data riset ini diperoleh dari laporan penghasilan tahunan yang dipublikasikan sejumlah perusahaan di Inggris serta rata-rata pendapatan pegawai di tiap perusahaan. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini