Sukses

Masyarakat Minta Tes CPNS Online Berlangsung Seperti Pemilu

Ada praktik-praktik nepotisme yang membuat mereka yang seharusnya memiliki kemampuan menjadi PNS tetapi justru tidak diterima.

Liputan6.com, Jakarta - Peserta simulasi Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang berlangsung hari ini, Rabu, 20/8/2014), di Senayan, Jakarta Selatan, berharap seleksi pegawai negeri tersebut bisa dilaksanakan secara jujur dan adil tanpa ada praktik nepotisme.

Salah satu peserta tes online asal Jakarta, Feni (33) berharap, tes seleksi PNS seharusnya dapat berlangsung seperti pemilihan umum (pemilu). "Ya seperti pemilu saja. Jurdil. Jujur dan adil tesnya," ungkapnya saat berbincang dengan Liputan6.com di acara peluncuran simulasi CAT Online seleksi CPNS di Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Feni mengaku telah mencoba mengikuti tes menjadi PNS sejak lulus kuliah. Sejumlah kementerian telah dijajalnya, namun usahanya tersebut tak kunjung membuahkan hasil. Dia menduga ada praktik-praktik nepotisme yang membuat mereka yang seharusnya memiliki kemampuan untuk menjadi PNS tetapi justru tidak bisa diterima.

Meski demikian, Feni mengaku tetap bersemangat mengikuti seleksi tahun ini.  pasalnya, menjadi PNS merupakan dambaannya selama ini.

"Ini kesempatan terakhir jadi tetap saya coba.  Dari lulus kuliah saya terus coba, di Kementerian Keuangan, Kemenhumkam, sampai Kementerian Daerah Tertinggal. Tahun ini ingin coba di Departemen keuangan," terangnya.

Wanita berusia 33 tahun ini juga mengatakan, keinginan kuatnya menjadi PNS karena ingin menjadi kebanggan orangtua.

Hal senada juga diungkapkan Leni, gadis berusia 23 tahun yang baru lulus dari Universitas Indonesia. "Ya kedua orangtua saya PNS di Kementerian Keuangan. Jadi saya juga ingin menjadi PNS di kementerian yang sama," kata Leni yang baru akan mengikuti seleksi pertam kali tahun ini.

Seperti diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Liputan6.com menggelar acara simulasi tes CAT Online seleksi Pegawai Negeri Sipil guna mengakomodir masyarakat yang ingin berlatih mengerjakan soal tes secara langsung (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.