Sukses

Dibuka 100 Ribu, Pendaftar CPNS 2014 Bakal Tumpah Sampai 2 Juta

Pemerintah telah menyiapkan 100 ribu alokasi PNS secara nasional. Terdiri dari 65 ribu untuk status PNS dan 35 ribu orang berstatus PPPK.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memperkirakan jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini mencapai jutaan orang. Proyeksi tersebut membludak dari formasi yang disiapkan sebanyak 100 ribu orang.

Hal ini diungkapkan Wakil Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Republik Indonesia, Bima Haria Wibisana saat menjadi pembicara dalam Launching Simulasi CAT Online Seleksi CPNS di Gedung Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (20/8/2014).

"Dari 100 ribu kursi PNS yang disediakan, yang daftar diperkirakan akan sampai dua juta orang," ungkap dia.

Asumsi tersebut, tambah Bima, melihat kondisi seleksi CPNS tahun lalu yang menyentuh angka satu juta pendaftar. Padahal kursi untuk menjadi abdi negara yang ada hanya ribuan orang saja.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tasdik Kinanto menyatakan, pihaknya menyelenggarakan sistem CAT ini untuk menjaring putra-putri yang ingin menjadi aparatur negara.

"Sepertinya peserta yang hadir di sini sangat antusias sekali menjadi aparatur sipil negara. Ini langkah untuk membenahi kebijakan reformasi birokrasi dalam sistem manajemen penerimaan CPNS," sambung dia.

Tasdik membenarkan jika pemerintah telah menyiapkan 100 ribu alokasi secara nasional. Terdiri dari 65 ribu untuk status PNS dan 35 ribu orang berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Liputan6.com menggelar acara simulasi tes CAT Online seleksi PNS guna mengakomodir masyarakat yang ingin berlatih mengerjakan soal tes secara langsung. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.