Sukses

Medco Akuisisi 100% Perusahaan Minyak Tunisia

Sesuai dengan tanggal efektif yang berlaku sejak 1 Januari 2014, Medco Energi akan memiliki hak kepemilikan di delapan area.

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (Medco Energi), melalui anak perusahaan, Medco Tunisia Petroleum Limited, telah menyelesaikan akuisisi 100 persen saham Storm Ventures International (Barbados) Ltd.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Medco Energi, Lukman Mahfoedz mengatakan, Transaksi ini berlaku efektif sejak 1 Januari 2014 dengan harga dasar pembelian US$ 114 juta.

Nilai total transaksi adalah sebesar US$ 127,7 juta termasuk modal kerja sebesar US$ 13,7 juta. Storm Ventures International (BVI) Ltd adalah anak perusahaan Chinook Energy, Inc. yang terdaftar di Bursa Saham Toronto, Amerika Serikat.

“Transaksi ini akan menambah portofolio aset E&P Medco Energi di luar negeri serta mendukung pertumbuhan perseroan ke depannya,” kata Lukman, di Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Persetujuan dari Pemerintah Tunisia dan beberapa mitra kerja dari blok-blok tersebut telah diperoleh pada tanggal 18 Agustus 2014.

Sesuai dengan tanggal efektif yang berlaku sejak 1 Januari 2014, Medco Energi akan memiliki hak kepemilikan di delapan area yang terdiri dari empat blok eksplorasi, dua blok pengembangan dan dua blok produksi.

Lukman menyatakan, Aset-aset ini, yang memiliki potensi cadangan minyak dan gas besar, akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk produksi minyak dan gas bumi Tunisia dan Medco Energi akan menjadi salah satu pemain utama minyak dan gas di Tunisia.

Dari delapan wilayah kerja ini, lima berlokasi di darat dan terletak di Ghadames Basin yaitu Adam, Sud Remada, Bir Ben Tartar, Jenein dan Borj El Khadra dan tiga di lepas pantai, terletak di Cekungan Pelagian, lepas pantai timur laut Tunisia.

MedcoEnergi akan menjadi operator di enam blok, yaitu Sud Remada, Bir Ben Tartar, Jenein, Cosmos, Hammamet dan Yasmin.

Total produksi minyak saat ini sebesar 2.800 BOPD dari blok Adam dan Bir Ben Tatar. Ke depannya tingkat produksi akan dapat dinaikkan hingga 16.000 BOEPD melalui pengeboran sumur in-fill di blok produksi Bir Ben Tartar dan pengembangan lapangan Cosmos, Yasmin dan Fushia yang dijadwalkan selesai pada 2018. (Pew/Gdn)

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.