Sukses

Ada Demo, Pengunjung Mal di Jakarta Pusat Turun 50%

Meski jumlah pengunjung mal menurun akan tetapi jam operasional tetap normal mulai pukul 10.00-22.00 WIB pada Kamis pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Adanya konsentrasi massa pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat berdampak pada penurunan jumlah pengunjung di beberapa pusat belanja yang berdekatan dengan kawasan tersebut.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Handaka Santosa mengatakan, beberapa mal yang mengalami penurunan pengunjung seperti Plaza Indonesia dan Grand Indonesia yang berada dekat dengan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Di beberapa di daerah yang traffic-nya terganggu seperti Plaza Indonesia dan Grand Indonesia itu memang terganggu dan terjadi penurunan pengunjung. Karena jalannya tidak bisa lewat depan, harus lewat belakang," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Dia menjelaskan, pada pagi hari sebenarnya jumlah pengunjung yang datang ke dua mal tersebut terbilang cukup normal, namun ketika siang hari saat massa pengunjuk rasa mulai berdatangan dan memadati kawasan HI, berangsur-angsur pengunjungnya mulai menurun.

"Penurunan pengunjungnya untuk mal pada daerah-daerah itu bisa lebih dari 50 persen. Tapi mereka tetap buka seperti biasa walau ada penurunan pengunjung," lanjutnya.

Semantara itu, untuk mal-mal yang letaknya jauh dari pusat konsentrasi massa seperti Puri Indah Mall di Jakarta Barat, Pondok Indah Mall di Jakarta Selatan, dan Arion Mall di Jakarta Timur, jumlah pengunjungnya tetap normal seperti biasa.

Namun Handaka menyatakan, meski beberapa mal mengalami penurunan pengunjung, namun jam operasionalnya akan tetap normal yaitu mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Dengan begitu diharapkan masyarakat tidak panik dan tetap berbelanja seperti biasaya.

"Kalau pengelola mal ini ada rasa khawatir dan tutup, pembeli nanti malah bertanya kenapa tutup. Takutnya masyarakat panik, mencari mal lain dan belanja gede-gedean karena takut terjadi apa-apa. Makanya mal-mal itu tetap buka seperti biasa," kata dia.

Harapan tetap berharap kondisi ini cepat normal sehingga aktivitas ekonomi dipusat perbelanjaan khususnya di wilayah Jakarta Pusat juga kembali seperti biasa.

"Kami berharap cepat kembali normal, nanti malam atau besok. Jangan sampai terjadi apa-apa karena kami semua berkepentingan akan adanya stabilitas. Laporan mal rusak akibat ini juga tidak ada, mudah-mudahan tidak ada," tandasnya. (Dny/Ahm)

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini