Sukses

Data Perumahan Amerika Membaik, Bursa Asia Menghijau

Prospek pertumbuhan ekonomi di Amerika untuk tiga sampai enam bulan ke depan meningkat 0,9 persen.

Liputan6.com, Sydney - Saham-saham di kawasan Asia Pasifik dibuka menguat terimbas sentimen positif dari laporan perumahan di Amerika menunjukkan perbaikan.

Dikutip dari Bloomberg, Jumat (22/8/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,1 persen ke level 148,58 pada pukul 09.23 Waktu Tokyo, Jepang. Pasar saham di Hong Kong dan Cina belum dibuka.

Indeks Topix Jepang dan Nikeei 225 naik 0,1 persen. Indeks Kospi Korea Selatan menguat 04 persen. Indeks S&P Australia atau ASX 200 menguat 0,2 persen. Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,1 persen.

Analis Pasar Modal IG Ltd, Melbourne, Australia, Evan Lucas menjelaskan, data-data ekonomi Amerika yang keluar menunjukkan level yang lebih baik dari yang diperkirakan.

"Angka penjualan rumah bulanan lebih baik dari estimasi dan dana manufaktur Philly Fed juga lebih kuat dari yang diperkirakan," jelasnya.

Data penjualan rumah menunjukkan angka tertinggi sejak September tahun lalu. Sedangkan prospek ekonomi untuk tiga sampai enam bulan ke depan meningkat 0,9 persen.

Dari data-data yang ada tersebut menjadi alasan yang kuat bagi pelaku pasar terus memburu aset-aset pasar modal di kawasan Asia dan Pasifik.

Hari ini, Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed) akan berbicara di konferensi The Fed di Kansas. Pelaku pasar sedang menunggu sinyal-sinyal dari Bank Sentral Amerika Serikat apakah akan segera menaikkan suku bunga acuan atau tidak. (Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini