Sukses

Listrik Sejumlah Wilayah Jakarta Padam Karena Ada Galian Liar

PLN meminta maaf kepada pelanggan sehubungan dengan penghentian sementara aliran listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) mengaku telah melakukan penghentian sementara arus listrik, karena terjadi gangguan yang disebabkan galian liar.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Dijaya  Roxy Swagerino mengatakan, galian liar tersebut mengganggu  sisi penghantar Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kilovolt (kV).

"Gangguan tersebut disebabkan adanya pekerjaan galian tanpa ijin di sekitar Jalan Kemanggisan yang menyentuh kabel PLN sehingga kabel tersebut tidak berfungsi," kata Roxy, di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Roxy menyebutkan wilayah yang mengalami penghentian aliran listrik meliputi sekitar daerah Karet, Benhil, Petamburan, Pejompongan, dan Palmerah.

"Memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggan PLN  sehubungan dengan penghentian sementara aliran listrik," ungkapnya.

Menurut Roxy, saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan PLN masih mencari pihak yang bertanggung jawab atas pekerjaan galian tersebut karena saat dicek ke lokasi, pekerja sudah meninggalkan tempat dan hanya menyisakan peralatan kerja.

"Menurut informasi dari warga sekitar, pekerjaan galian dimulai pada Kamis (21/08) pukul 20.00 WIB," tuturnya.
 
Untuk mengatasi pemadaman tersebut, saat ini PLN melakukan manuver jaringan yang memasok ke daerah yang mengalami gangguan untuk memperkecil daerah padam.

"Selain itu PLN juga menyiagakan trafo bergerak 30 MVA di daerah yang terkena dampak padam. Bagi pelanggan yang memiliki genset, dimohon untuk mengaktifkan gensetnya dan mengurangi pemakaian energi listrik antara lain mematikan minimal 2 titik lampu dan mengatur suhu AC menjadi 26 derajat Celcius," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.