Sukses

Kadin Ingin Genjot Pendapatan dari Sektor Kelautan

Sektor maritim memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendaptan negara apabila dikelola dengan tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Kelautan dan Perikanan sedang melakukan pemetaan sektor kelautan dan perikanan untuk melipatgandakan pendapatan dari sektor tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan, sektor maritim memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendaptan negara apabila dikelola dengan tepat.

"Akan memberikan kontribusi produk domestik bruto (PDB) yang lebih besar dari PDB tahun ini. Pemetaan tersebut untuk kurun waktu lima tahun mendatang," kata Yugi di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Menurutnya, selama ini perhatian masih terpaku pada pembangunan ekonomi yang ada di darat, belum mengarah ke perairan, padahal potensinya sangat melimpah.

"Sudah seharusnya kita mulai merancang langkah-langkah yang perlu disiapkan agar Indonesia menjadi poros maritim dunia sekaligus mendapatkan manfaat ekonominya," ungkapnya.

Yugi menambahkan, pemanfaatan sumber daya kelautan harus menjadi salah satu kekuatan ekonomi nasional di masa datang. Untuk itu, upaya penguatan peran dunia usaha, pemerintah, nelayan, pembudidaya hingga semua pihak yang terkait harus terus dilakukan.

"Pasar bebas sudah di depan mata karena itu, daya saing sektor kelautan dan perikanan Indonesia perlu ditingkatkan lagi," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini