Sukses

Pemerintah Garap Trem Pertama di Indonesia Tahun Depan

Pengerjaan jalur trem akan dimulai pada 2015 untuk jalur Utara ke Selatan Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus menggiatkan pembangunan moda transportasi massal. Tahun depan, pemerintah akan mulai menggarap jalur trem atau seperti Mass Rapid Transit (MRT) yang memiliki rel khusus di Surabaya. 
 
"Proyek tersebut merupakan proyek trem pertama di Indonesia," ungkap Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dedy S Priyatna di kantornya, Jakarta, Jumat (22/8/2014). 
 
Dia mengatakan, pengerjaan jalur trem akan dimulai pada 2015 untuk jalur Utara ke Selatan Surabaya. Sedangkan jalur Barat ke Timur akan dilintasi moda transportasi monorel. 
 
Lebih jauh kata Dedy, pemerintah telah menyiapkan anggaran pembangunan trem sekitar Rp 2,5 triliun. Sedangkan untuk jalur monorel sekitar US$ 1 miliar atau Rp 10 triliun. 
 
"Jika DPR setuju, kita akan mulai dengan dana Rp 200 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," sambungnya.   
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Transportasi Bappenas, Bambang Priharjono menambahkan, jalur trem di Kota Pahlawan ini bakal menghubungkan Terminal Joyoboyo ke Pelabuhan Tanjung Perak sepanjang 15 kilometer (KM).
 
"Jalur trem Surabaya rencananya melewati 26 stasiun dimulai dari Stasiun Joyoboyo hingga berakhir di Stasiun Sonokembang," pungkas dia. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.