Sukses

Kadin Usulkan Keberadaan Kementerian Koordinator Kelautan

Keberadaan Menko Kelautan yang dibuat pemerintah baru tersebut dapat memperkuat regulasi untuk membangun sektor kelautan.

Liputan6.com, Jakarta - Sektor maritim Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Agara hal tersebut bisa terealisasi, Kamar Dagang dan Indusri (Kadin) Indonesia mengusulkan keberadaan Kementerian Koordinator bidang kelautan.

"Ini untuk mempercepat pembangunan kelautan dan perikanan. Bentuk terobosan membentuk Menko Kelautan," kata
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto, di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Yugi menambahkan, keberadaan Menko Kelautan yang dibuat pemerintah baru tersebut dapat memperkuat regulasi untuk membangun sektor kelautan.

"Pemerintah juga harus memperkuat regulasi yang ada dan eksekusi pembangunan kelautan dan perikanan," tuturnya.

Selain itu, penguatan sumber daya manusi, logistik, teknologi maritim dan transportasi laut menjadi bagian penting untuk mengembangkan sektor kelautan.

"Harus ada penguatan sumberdaya, logistik, transportasi laut dan teknologi," Ungkapnya.

Menurut dia, Kementerian Koordintor Kelautan membawahi Kementerian Maritim dan Logisitik Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral, Kementerian Pariwisata Bahari dan Ekonomi Kreatif, serta Badan Koordinasi Keamanan Laut atau Sea and Coast Guard. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.