Sukses

Dalam Satu Jam, Situs Pendaftaran CPNS Diakses Sejuta Pelamar

Situs resmi pendaftaran seleksi CPNS yakni panselnas.menpan.go.id sempat mengalami gangguan sejak dibuka 20 Agustus 2014.

Liputan6.com, - Situs resmi pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yakni panselnas.menpan.go.id sempat mengalami gangguan sejak dibuka 20 Agustus 2014. Kondisi tersebut tak terlepas dari tingginya lalu lintas calon peserta yang mengakses situs tersebut dalam waktu bersamaan.

Perwakilan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), Zaenul Anwar Effendi mengungkapkan, pada saat pembukaan, laman resmi pendaftaran seleksi CPNS langsung sesak menampung 250 ribu pengakses hanya dalam waktu satu jam.

"Dan mencapai puncaknya sebanyak 5 juta orang yang mengakses situs CPNS selama empat jam. Hal ini membuat situs mengalami gangguan," ungkap dia yang menjadi Tim Audit IT BPPT saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (23/8/2014).

Namun Zaenul memastikan, situs resmi tersebut sudah dapat kembali melayani calon peserta yang ingin melakukan pendaftaran seleksi CPNS mulai hari ini. Panselnas menjamin kelancaran situs tersebut.

"Sekarang sudah lancar kok, sudah aman. Tadi malam saja sudah bisa diakses lagi bahkan dengan jumlah meningkat sampai satu juta orang per jam. Pengakses bukan main sangat tinggi sekali," paparnya.

Dia mengaku, pendaftaran seleksi CPNS tahun ini merupakan yang pertama kalinya menjangkau calon peserta seluruh Indonesia karena dilakukan secara terpusat melalui situs online. Sementara tahun lalu, hanya beberapa wilayah saja.

"Sekarang bisa dilihat sudah ada jadwal untuk pembukaan pendaftaran seleksi CPNS mulai besok (24/8/2015) secara bertahap. Mungkin tiga instansi dulu, dan seterusnya," pungkas Zaenul. (Fik/Ndw)

Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini