Sukses

Jurus Panselnas Agar Situs Pendaftaran CPNS Bebas Down

Tercatat sebanyak satu juta orang mengakses situs tersebut hanya dalam satu jam.

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), Zaenul Anwar Effendi mengaku, pihaknya telah mengantisipasi agar situs resmi pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang sempat down tak terulang kembali.

"Sudah siap pun, sejujurnya pasti ada masalah karena jumlah pengaksesnya tinggi bukan main. Tapi kita berusaha melakukan antisipasi," ungkap Tim Audit IT BPPT itu kepada Liputan6.com, seperti ditulis Sabtu (23/8/2014).

Dia menyebut, pihaknya telah menyiapkan dua rencana antisipasi, mulai dari penggunaan teknologi cloud computing hingga penambahan server dan memori untuk menjalankan aplikasi serta penyimpanan database pendaftar.

"Kita pakai cloud computing dengan kapasitas sampai terabyte. Punya kapasitas bandwidth sebesar 10 Gigabyte (GB), memori dengan kapasitas 128 GB dan penambahan server menjadi delapan buah server. Ini semua diharapkan cukup melayani jutaan pendaftar CPNS," jelas Zaenul.
 
Saat ini, dia mengatakan, situs pendaftaran seleksi CPNS sudah mulai bisa diakses kembali oleh seluruh calon peserta. Tercatat sebanyak satu juta orang mengakses situs tersebut hanya dalam satu jam.

"Itu data tadi malam, karena responsnya sudah mulai bagus. Kalau kemarin down, biasa lah pada saat pertama pembukaan," imbuhnya. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.