Sukses

BNI Resmi Operasikan ATM Full Access di Luar Negeri

BNI melakukan pendekatan ke tempat berkumpulnya komunitas Buruh Migran Indonesia yang memiliki kebiasaan berkumpul setiap akhir pekan.

Liputan6.com, Hong Kong - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) merealisasikan operasional Automated Teller Machine (ATM) pertama yang dijalankan bank asal Indonesia di luar negeri secara full access.  Untuk tahap pertama, BNI mengoperasikan empat ATM di Hong Kong dan kemudian akan menyusul di Singapura dalam waktu dekat.

Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo menjelaskan, BNI menjadi satu-satunya bank asal Indonesia yang mempunyai ATM di luar negeri. "Dan juga mendapatkan izin mendirikan ATM di luar lokasi kantor cabang," Jelas Gatot seperti ditulis dalam siaran pers, Minggu (24/8/2014).

Gatot merincikan mesin ATM tersebut ditempatkan BNI di lokasi-lokasi strategis  seperti dua buah ATM di BNI Kantor Cabang Hong Kong dengan alamat di G/F Far East Finance Centre, 16 Harcourt Road, Admiralty, Hong Kong.

"Dua buah ATM di BNI Remittance Ltd (BRL) dengan alamat di Flat/RM5 on G/F, Nos 1-7 Keswick Street, Causeway Bay, Hong Kong yang menghadap Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong," terangnya.

BNI memang melakukan pendekatan ke tempat-tempat berkumpulnya komunitas Buruh Migran Indonesia (BMI) yang memiliki kebiasaan berkumpul setiap akhir pekan. Itulah mengapa lokasi dua unit ATM BNI ditempatkan di BNI Remittance Office di kawasan Causeway Bay, Hong Kong dan di sekitar KJRI.

ATM BNI di Hong Kong ini bisa melakukan transaksi pengecekan saldo hingga penarikan tunai tanpa dikenakan biaya administrasi.  "ATM BNI di Hong Kong ini juga dapat melakukan transfer ke rekening BNI atau bank lain, sehingga bila para BMI ingin mentransfer uang ke keluarganya di kampung halamannya di Indonesia dapat dengan mudah dilakukan," tambahnya.

Gatot menyebutkan, saat ini jumlah BMI di Hong Kong yang telah memiliki rekening BNI sebanyak 4.000 rekening dan BNI Syariah sebanyak 11.000 rekening. Namun, tidak semua nasabah BNI dan BNI Syariah tersebut sudah memiliki kartu ATM karena sebelumnya memang belum diperlukan mengingat di Hong Kong belum ada mesin ATM.

Selain di Hong Kong, BNI pun akan memasang ATM di Singapura. Bermodalkan lisensi fullbranch di Singapura, BNI memiliki peluang untuk mendirikan ATM di sana. Saat ini proses pembangunan dan perijinan ATM sedang dilakukan.(Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik.

    BNI

  • ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri.

    ATM