Sukses

Peserta Tes CPNS Bisa Melamar Tiga Jabatan di Satu Instansi

Pemerintah hanya membolehkan seorang peserta untuk mendaftar seleksi CPNS 2014 pada satu Kementerian/Lembaga saja.

Liputan6.com, Jakarta- Pemerintah hanya membolehkan seorang peserta untuk mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 pada satu Kementerian/Lembaga (K/L) saja. Namun mereka dapat melamar tiga jabatan sekaligus pada instansi tersebut.

Poin tersebut masuk sebagai salah satu catatan penting yang tertera di situs resmi pendaftaran seleksi CPNS, yakni panselnas. menpan.go.id yang sudah mulai dibuka sejak 20 Agustus lalu.

Di bagian halaman muka laman tersebut, ada tujuh catatan penting yang harus disimak calon peserta sebelum mendaftar atau melamar di sebuah instansi, termasuk soal pengisian data pribadi. Dalam poin itu, tertulis calon peserta hanya dapat mendaftar satu kali di portal ini (hanya mempunyai satu kali kesempatan mengikuti tes di salah satu instansi).

Namun calon peserta dapat memilih tiga formasi jabatan yang kualifikasi pendidikannya sama pada instansi yang telah diputuskan atau dipilih oleh calon peserta.

Hal ini dibenarkan Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setiawan Wangsaatmadja. "Hanya boleh melamar ke satu instansi pemerintahan, tapi mereka punya tiga pilihan (jabatan) di instansi tersebut," kata dia di Jakarta, seperti ditulis Senin (25/8/2014).

Sementara Perwakilan Panselnas sekaligus Tim Audit IT BPPT, Zaenul Anwar Effendi kepada Liputan6.com mengaku, kebijakan tersebut sudah menjadi keputusan Panselnas. "Itu kebijakan yang sudah diputuskan Panselnas dalam pilihan lowongan formasi," terangnya.

Sedangkan enam catatan penting lain, yaitu, pertama seluruh peserta akan menghadapi ujian dengan sistem Computeri Assisted Test (CAT); kedua, persyaratan umum, sebagaimana diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pengadaan PNS serta memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai lowongan formasi yang diminati.

Ketiga, persyaratan khusus atau tambahan, terdapat instansi tertentu yang menambahkan persyaratan khusus. Untuk itu, harap dibaca secara cermat dan teliti. Keempat, alamat email, seleksi CPNS hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di portal ini sehingga calon pendaftar wajib memiliki email dan mengisi data secara akurat, benar serta dapat dipertanggung jawabkan guna menghindari hal-hal yang merugikan.

Poin penting kelima cermat dan teliti serta gratis sebagai poin keenam. Artinya penerimaan CPNS tahun ini tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman hasil kelulusan.(Fik/Ndw)

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini