Sukses

Kemenperin Rekrut 147 CPNS Mulai SMK Hingga S2

Kemenperin akan melaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem CAT di 18 wilayah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 sebanyak 147 formasi yang terdiri dari 42 jabatan dengan kualifikasi jenjang pendidikan mulai dari SMK hingga S2.

Untuk kualifikasi jenjang pendidikan, Kemenperin akan membuka 10 formasi untuk lulusan SMK, 22 formasi untuk lulusan D3, 97 formasi untuk lulusan D4-S1 dan 18 formasi untuk lulusan S2.

Tata pelaksanaan pendaftaran dan tes CPNS yang dilakukan oleh Kemenperin sama seperti ketentuan yang diberlakukan oleh Kementerian PAN-RB yaitu dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem CAT ini rencananya akan dilakukan pada 18 wilayah yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Samarinda, Banjarbaru, Manado, Makassar dan Ambon.

Persyaratannya hampir sama dengan rekruitmen kementerian dan lembaga negara lain. Namun untuk usia, akan dibuka dari usia 22 tahun hingga 30 tahun pada 1 Desember 2014. Dengan rincian:

- Untuk SMK berusia setinggi-tingginya 24 Tahun.
- Untuk D3 berusia setinggi-tingginya 27 tahun.
- Untuk D4-S1 dan S2 berusia setinggi-tingginya 30 tahun.

Untuk kemampuan bahasa Inggris, disyaratkan memiliki nilai TOEFL sekurang-kurangnya 475, khusus untuk jenjang pendidikan S2, S1 dan D4.

Dan untuk persyaratan indeks prestasi jenjang pendidikan, berikut rinciannya:
- Untuk S2, IPK minimal 3,25.
- Untuk D3, D4 dan S1, IPK minimal 2,75.
- Untuk SMK, nilai rata-rata UAN minimal 7,0.

Setiap pelamar diperkenankan mendaftar untuk tiga jabatan dengan kualifikasi pendidikan yang sama. (Dny/Ndw)

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.